DetikSport
Sabtu 23 September 2017, 02:41 WIB

Simpati untuk Van der Mark

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Simpati untuk Van der Mark Michael van der Mark (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
FOKUS BERITA: Marquez Menang di Aragon
Alcaniz - Michael van der Mark amat gembira ketika tim Movistar Yamaha memilihnya sebagai pengganti Valentino Rossi untuk MotoGP Aragon. Tapi, kesempatan di depan mata itu saat ini hampir pasti menghilang.

Van der Mark sebelumnya dipercaya untuk menggantikan Rossi, yang mengalami cedera akibat kecelakaan motocross. Akan tetapi, Rossi secara mengejutkan pulih lebih cepat dari perkiraan dan dinyatakan fit untuk membalap di Aragon.

Meskipun demikian, Van der Mark tetap hadir di Sirkuit Aragon meski peluangnya untuk tampil di atas lintasan kini amat kecil. Pebalap Belanda berusia 24 tahun itu sekarang hanya berstatus standby. Dia hanya akan menunggangi motor M1 apabila Rossi tiba-tiba merasa kondisinya tak memungkinkan untuk menuntaskan rangkaian MotoGP Aragon.

Terkait hal ini, sejumlah pebalap MotoGP tahu betul bagaimana rasanya jadi Van der Mark. Mereka pun bersimpati.

"Tentu saja ini sangat disayangkan karena Anda ingin membalap, Anda ingin punya kesempatan dan juga Michael sangat muda, jadi tentunya dia akan kecewa. Tapi, pada akhirnya dia harus mengerti," ujar pebalap Repsol Honda Marc Marquez seperti dikutip Crash.net.

"Well, ini semacam mereka memberi Anda karamel dan kemudian mengambilnya lagi! Memang seperti inilah, tapi bagi Yamaha bagus Valentino ada di sini dan dia bisa memacu motor 100%. Dia selalu bagus untuk tim kami," kata rekan setim Rossi di Yamaha, Maverick Vinales.

"Tentu saja ini sulit bagi Michael. Kesempatan ini hanya muncul sekali. Jadi, ini sangat disayangkan, tapi itulah keadaannya sekarang. Paling tidak dari sisi kami, kami berharap Valentino bisa kencang dan mengeluarkan kemampuan terbaik motor," tambah Vinales.

Rossi sendiri sudah tampil dalam dua latihan bebas di Aragon. Pebalap Italia itu menempati posisi ke-18 di latihan pertama dan posisi ke-20 di latihan kedua.

"Dia selalu mengikuti perkembangan saya dan kami sebelumnya sudah sepakat. Maksud saya, dia bilang 'kami siap, tapi jika kamu bisa datang kami akan gembira'. Saya pikir dalam beberapa hari terakhir Van der Mark memahami bahwa mungkin sulit baginya untuk membalap akhir pekan ini!" kata Rossi.

Van der Mark adalah pebalap yang membela Yamaha di ajang Superbike pada musim ini. Dalam sepuluh seri Superbike yang sudah digelar, dia baru sekali naik podium.


(mfi/mfi)

FOKUS BERITA: Marquez Menang di Aragon
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed