DetikSport
Selasa 10 Oktober 2017, 18:55 WIB

Memburu 100 Poin di Empat Seri Pamungkas MotoGP 2017

Kris Fathoni W - detikSport
Memburu 100 Poin di Empat Seri Pamungkas MotoGP 2017 Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Dimulai dari Motegi di akhir pekan, MotoGP 2017 mulai memasuki empat seri pamungkasnya. Total 100 poin diperebutkan untuk menentukan kampiun musim ini.

Persaingan berebut titel MotoGP 2017 mendekati klimaks. Akhir pekan ini ada MotoGP Jepang di Motegi, disusul MotoGP Australia di Phillip Island (22 Oktober), MotoGP Malaysia di Sepang (29 Oktober), dan MotoGP Valencia di Ricardo Tormo (12 November).

Secara matematis, dengan empat balapan itu menghadirkan maksimal total 100 poin untuk diperebutkan, masih ada lima rider yang terlibat dalam persaingan memperebutkan predikat kampiun.

Yang pertama ada pemuncak klasemen Marc Marquez (Repsol Honda) dengan 224 poin. Sang juara bertahan memiliki keungguan 16 poin dari rival terdekat.

Adalah Andrea Dovizioso yang menjadi pesaing paling dekat dengan Marquez di posisi kedua dengan 208 poin. Kemampuannya terus bersaing sampai akhir musim ini tidak lepas dari performa Ducati yang dinilai sudah memperlihatkan kemajuan positif.

Berikutnya ada Maverick Vinales di posisi ketiga. Pendatang baru di tim Movistar Yamaha tersebut, setelah sebelumnya membela tim Suzuki Ecstar, sejauh ini mengoleksi 196 poin.

Setelah itu ada Dani Pedrosa dari Repsol Honda (170 poin) dan rider Movistar Yamaha Valentino Rossi (168 poin). Secara matematis keduanya belum tercoret dari persaingan kendatipun secara realistis usaha mereka menuju gelar juara dunia terbilang berat.

Selama 14 seri MotoGP 2017 sejauh ini tidak ada rider lain yang mampu naik ke podium teratas selain lima nama tersebut, penegas bahwa mereka memang pantas menempati posisinya sekarang. Sebagai rincian, Marquez sudah memenangi lima seri balapan, Dovizioso empat, Vinales tiga, sedangkan Pedrosa dan Rossi masing-masing meraih satu kemenangan.

Kini kelimanya akan berusaha memburu poin-poin sebanyak mungkin dari total 100 poin yang bisa direguk dalam empat seri pamungkas musim ini, dimulai dari Motegi. Siapa jago Anda?

=====

Saksikan race MotoGP Jepang hanya di Trans7, Minggu (15/10/2017), pukul 12.00 WIB
(krs/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed