DetikSport
Selasa 17 Oktober 2017, 20:27 WIB

Tertarik Bikin Akademi Balap, Pedrosa?

Yanu Arifin - detikSport
Tertarik Bikin Akademi Balap, Pedrosa? Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Dani Pedrosa punya jam terbang yang tinggi di lintasan balap. Tertarikkah dia berbagi pengalaman dengan cara membangun akademi balap?

Pedrosa mengawali karier balap profesional dari kelas 125cc pada tahun 2001. Tiga tahun di kelas tersebut, ia merebut gelar juara dunia sekali pada 2003.

Pebalap kelahiran Sabadell, Catalunya, 29 September 1985 itu kemudian naik ke kelas 250cc. Ia langsung bersinar dengan menjadi juara pada musim 2004 dan 2005.

Pada 2006, Pedrosa naik kelas ke MotoGP, dengan Honda yang merekrutnya sampai saat ini. Musim 2017 pun menjadi musim ke-11 Pedrosa di kelas tertinggi.



Selama 16 tahun berkarier, Pedrosa sudah meraih 53 kemenangan di semua kelas, 153 podium. Jika di dua kelas sebelumnya ia sudah mencicipi gelar juara, tidak halnya di MotoGP, di mana prestasi terbaiknya cuma menjadi runner up pada musim 2007, 2010, dan 2012.

Jam terbang Pedrosa di lintasan yang cukup tinggi tentu akan berguna andai diwariskan kepada pebalap yang lebih muda. Salah satu caranya adalah jika ia membuka akademi andai tak lagi membalap.

Disinggung soal itu ketika berkunjung ke Astra Biz Center, Serpong, Tangerang, Selasa (17/10/2017), Pedrosa menjawabnya. Ia menilai membangun akademi adalah hal menarik, namun ia juga menegaskan dirinya masih fokus untuk balapan.

"Sejauh ini saya masih berada di tim dan balapan sehingga fokus saya seratus persen masih berada di sana. Tapi tentu saja saya punya pengalaman dan di beberapa tahun mendatang saya punya ide untuk terus menyalurkan gairah pada motor," Pedrosa mengatakan di sesi konferensi pers.



"Saat ini saya belum bisa menjawab pertanyaan anda, tapi saya sudah punya ide untuk nanti. Itu ide yang bagus, tapi lihat saja nanti ke depannya," ia menambahkan,

Pebalap yang sudah membangun akademi balap adalah Valentino Rossi. VR46 Academy bahkan sudah mencetak beberapa rider yang sukses semacam Franco Morbidelli, Nico Bulega, serta Francesco Bagnaia.
(din/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed