DetikSport
Rabu 18 Oktober 2017, 18:55 WIB

Statistik MotoGP Australia

Kris Fathoni W - detikSport
Statistik MotoGP Australia Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - MotoGP 2017 semakin dekat ke momen penentuan, dengan seri MotoGP Australia di Phillip Island hadir di akhir pekan. Itulah balapan ke-16 dari 18 seri musim ini.

Dari 15 seri balapan sejauh ini Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Dovizioso (Ducati) menjadi kandidat utama peraih gelar juara musim ini. Keduanya cuma terpaut 11 poin saja; Marquez 244 poin dan Dovi 233 poin.

Maverick Vinales (Movistar Yamaha) yang berada di posisi ketiga dengan 203 poin juga masih terlibat dalam persaingan, kendatipun peluangnya jelas tidak sebesar dua nama di atas.

Secara matematis Dani Pedrosa (Repsol Honda) juga masih punya kesempatan (posisi keempat, 170 poin). Tapi secara realistis sulit; Pedrosa bukan cuma harus sapu bersih kemenangan tapi juga berharap ketiga rivalnya bernasib buruk di tiga seri sisa.

Berikut statistik MotoGP Australia seperti dirangkum MotoGP.com:

- Ini akan menjadi grand prix Australia ke-29, yang sudah diselenggarakan setiap tahun sejak kali pertama dihelat pada 1989. Dua grand prix pertama digelar di Phillip Island, sebelum ke sirkuit Eastern Creek untuk enam tahun beruntun, lalu balik ke Phillip Island pada 1997 dan sejak itu tetap di sirkuit tersebut. Ini merupakan kali ke-23 balapan ini dihelat di Phillip Island.

- Honda adalah pabrikan tersukses di Phillip Island pada era MotoGP dengan tujuh kemenangan, termasuk dua tahun terakhir.

- Ducati pernah punya empat kemenangan MotoGP di Phillip Island, seluruhnya dengan Casey Stoner pada kurun waktu 2007 sampai 2010. Finis ketiga Andrea Iannone dua tahun lalu di Australia merupakan podium tunggal Ducati di Phillip Island semenjak kemenangan Stoner pada 2010.

- Yamaha pernah punya empat kemenangan MotoGP di Phillip Island, tiga lewat Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) dan satu dengan Jorge Lorenzo. Kemenangan terakhir Yamaha di Phillip Island adalah pada 2014 dengan Valentino Rossi.

- Suzuki memiliki dua podium di Phillip Island pada kelas primer: di 2006 ketika Chris Vermeulen finis kedua dan tahun lalu saat Maverick Vinales finis ketiga.

- Seluruh tiga rider yang naik podium MotoGP Australia tahun lalu merupakan para pebalap yang tampil di sesi kualifikasi Q1.

- Tiga rider yang naik podium MotoGP di Phillip Island tahun 2014 seluruhnya menunggangi motor Yamaha, kali terakhir Yamaha menyapu bersih podium di kelas primer.

- Valentino Rossi adalah rider dengan jumlah kemenangan terbanyak di Phillip Island, dengan delapan kemenangan (2 x 250cc, 1 x 500cc, 5 x MotoGP), diikuti Casey Stoner dengan enam kemenangan seluruhnya di kelas MotoGP.

- Casey Stoner memenangi balapan MotoGP di Phillip Island selama enam tahun berturut-turut dari 2007 sampai 2012, dengan lima terakhir diraihnya dari posisi pole.

- Ada empat rider terkini yang pernah mengawali balapan MotoGP di Phillip Island dari posisi terdepan; Valentino Rossi di 2003, Dani Pedrosa di 2007, Jorge Lorenzo di 2013, dan Marc Marquez selama tiga tahun terakhir.


======


Saksikan MotoGP Australia hanya di Trans7, Minggu (22/10/2017), pukul 12.00 WIB


(krs/nds)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed