DetikSport
Jumat 20 Oktober 2017, 18:31 WIB

Hari yang Buruk untuk Rossi, tapi Tak Separah di Pramusim

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Hari yang Buruk untuk Rossi, tapi Tak Separah di Pramusim Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Sport
Phillip Island - Valentino Rossi menjalani hari pertama MotoGP Australia dengan tak cukup bagus. Hasilnya bahkan mengingatkan pada pramusim buruk di tempat sama, Februari lalu.

Rossi menuntaskan dua sesi latihan bebas di sirkuit Phillip Island, Jumat (20/10/2017) di posisi 13 dan 12. Catatan waktu terbaik pebalap Movistar Yamaha ini tertinggal 0,752 detik dari rider Suzuki, Aleix Espargaro, yang jadi sosok tercepat di hari pertama.

Rossi mengungkapkan bahwa awalnya dia mendapatkan kesan cukup bagus dari motor dengan ban medium. Tapi ketika beralih ke ban soft dan mencoba setelan berbeda, situasinya justru memburuk dan memaksanya kembali ke setelan pertama.

"Saya punya laju bagus dengan ban medium dan kami banyak mengutak-atik motornya. Pada akhirnya saya memasang ban belakang soft dan kami mencoba membuat setelan lain, sayangnya itu tak bekerja," ungkap Rossi dikutip Crash.

"Saya tak merasa nyaman sehingga tak mampu meningkatkan catatan waktu. Tapi dengan setelan pertama saya rasa saya sudah bisa melaju lebih cepat kalau memasang ban lebih lunak. Kami berkonsentrasi lebih ke ban medium, tapi tampaknya ban soft punya potensi lebih besar dan bisa jadi opsi untuk balapan."

"Besok pagi akan sangat-sangat krusial karena sangat penting untuk berada di 10 besar dan langsung ke Q2. Jadi kami berharap untuk kondisi kering dan cuaca yang bagus," imbuhnya.

Menempati posisi 12 di hari pertama, Rossi pun mengulang catatannya di tes pramusim pada Februari lalu. Kala itu catatan waktunya berjarak 0,921 detik dari pebalap tercepat. Tapi kali ini pebalap 38 tahun itu menyebut situasinya jauh lebih baik.

"Bagi saya, tes di Phillip Island pada Februari lalu dengan motor 2017 adalah salah satu tes terburuk dalam karier saya dengan Yamaha. Itu sangat bikin frustrasi, saya sangat lambat dan perasaan di atas motor sangat buruk," sambungnya.

"Hari ini situasinya, posisinya, tidak fantastis memang, tapi saya merasa jauh lebih baik dibandingkan saat itu," tandas Rossi.
(raw/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed