DetikSport
Minggu 22 Oktober 2017, 05:30 WIB

Waktu Start MotoGP Australia Dikeluhkan

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Waktu Start MotoGP Australia Dikeluhkan Ilustrasi (Foto: Dan Istitene/Getty Images Sport)
Phillip Island - Sejak musim lalu, sebagian besar rider MotoGP menginginkan waktu start di MotoGP Australia dimajukan. Waktu start saat ini dirasa terlalu sore.

Balapan di sirkuit Phillip Island, Minggu (22/10/2017) ini akan digelar pukul 16.00 waktu setempat. Waktu start itu dipilih atas pertimbangan penonton di wilayah Eropa.

Dengan start di pukul 16.00 itu sama artinya dengan balapan digelar di luar waktu-waktu yang digunakan para pebalap untuk menyetel dan mengukur motor, alias sesi latihan bebas dan kualifikasi. Sesi-sesi latihan bebas dan kualifikasi sudah berakhir di jam tersebut.

Problem besarnya, dengan waktu start yang terlalu sore itu para pebalap menghadapi penurunan temperatur yang sangat besar. Imbasnya adalah mereka kehilangan daya cengkeram terlalu banyak dan berpotensi crash.

Sejak tahun lalu sebenarnya sebagian besar pebalap mengusulkan waktu start dimajukan. Tapi tak membuahkan hasil. Musim ini ide itu kembali diajukan untuk musim depan.

"Ini bukan situasi yang bagus karena tahun lalu, 19 pebalap di antara kami ada di Komisi Keamanan dan ada empat atau lima yang tak hadir. Saat itu kami sepakat untuk balapan di jam 15.00 tahun ini karena lebih aman, trek tidak terlalu banyak mengalami pendinginan," kata Cal Crutchlow dikutip Crash.

"Tapi kemudian kami di sini dan dikatakan startnya digelar pukul 16.00. Jadi saya tak benar-benar mengerti apa yang terjadi," imbuhnya.

Marc Marquez dan Maverick Vinales berharap tahun depan waktu startnya dimajukan. Start di jam 15.00 diyakini keduanya lebih aman.

"Itu adalah sesuatu yang sudah kami diskusikan tahun lalu dan untuk kami, para pebalap, jauh lebih baik untuk start maksimal di pukul 15.00. Karena dari pukul 16.00-17.00, setiap tahunnya kami menghadapi problem yang sama: temperaturnya anjlok," ujar Marquez.

"Seperti yang Marc katakan, kami berdiskusi kemarin dan semua pebalap setuju. Di jam 16.00 terutama pada putaran-putaran akhir balapan, temperatur trek menurun. Jadi demi keamanan dan demi kami, lebih baik balapan dimulai jam 15.00," imbuh Vinales.

===

Saksikan MotoGP Australia hanya di Trans7, Minggu (22/10/2017), pukul 12.00 WIB.
(raw/rin)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed