DetikSport
Minggu 22 Oktober 2017, 07:31 WIB

Dovizioso: Waspada Tikungan Empat dan 10

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Dovizioso: Waspada Tikungan Empat dan 10 Foto: Getty Images Sport
Phillip Island - Sirkuit Phillip Island bisa saja memberikan momen dramatis dalam persaingan kejuaraan dunia. Andrea Dovizioso menyebut tikungan empat dan 10 akan berbahaya.

Persaingan Dovizioso dan Marc Marquez menuju gelar juara dunia akan berlanjut di MotoGP Australia, Minggu (22/10/2017) siang WIB. Ini merupakan yang pertama dari tiga seri terakhir di musim ini.

Selisih antara kedua pebalap tersebut di klasemen cuma 11 poin. Maka tiap-tiap angka di tiga seri ini akan sangat krusial dalam menentukan hasil akhir.

Menuju balapan di Phillip Island, Marquez bisa dibilang di atas angin. Selain start dari posisi terdepan, dia juga diuntungkan dengan fakta bahwa Dovizioso harus memulai di urutan 11.

Dovizioso terjatuh di tikungan 10 saat FP4, membuatnya tak bisa tampil dengan tunggangan terbaik di kualifikasi. Dia mengakui, di balapan nanti ada peluang banyak insiden khususnya di tikungan keempat dan 10.

Dua titik itu disebutnya menuntut kondisi ban yang sempurna. Sedikit saja ban tak di level terbaik, akan sangat mudah kehilangan daya cengkeram.

Yang menjadi persoalan, dengan start digelar pukul 16.00 waktu setempat, temperatur akan menurun drastis di putaran-putaran akhir. Ini yang jadi tantangan besar untuk para pebalap.

"Temperaturnya tak cukup panas saat itu. Saya sudah berada di batasan motor, ban medium di sisi kanan. Saat itu adalah batasnya. Kalau Anda mengerem terlalu keras, sangat mudah kehilangan kendali bagian depan," ujar Dovizioso menceritakan insidennya di FP4 seperti dikutip Crash.

"Saya selalu merasakannya di tikungan keempat pada putaran yang sama. Di tikungan ke-10 itu ada titik naik dan turun. Pada saat itu Anda tak punya kekuatan ban yang cukup kalau temperaturnya tak sempurna, mudah saja. Crash di Phillip Island itu selalu seperti itu, tikungan keempat atau ke-10," imbuhnya.

===

Saksikan MotoGP Australia hanya di Trans7, Minggu (22/10/2017), pukul 12.00 WIB.
(raw/rin)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed