detiksport
Follow detikSport
Senin, 23 Okt 2017 11:59 WIB

MotoGP 2017: Dua Seri Sisa, Dua Rider Berebut Gelar Juara Dunia

Kris Fathoni W - detikSport
Marc Marquez dan Andrea Dovizioso di MotoGP 2017 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez dan Andrea Dovizioso di MotoGP 2017 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Tinggal dua seri tersisa di MotoGP 2017. Pratis tinggal dua rider pula yang masih punya berpeluang meraih gelar juara dunia. Marc Marquez atau Andrea Dovizioso?

MotoGP Australia di Phillip Island, Minggu (22/10/2017), menjadi seri balapan teranyar yang tuntas dihelat. Itu merupakan seri ke-16 dari total 18 seri musim ini.


Dalam balapan tersebut Marquez meraih hasil maksimal berkat finis pertama. Tambahan 25 angka direguk rider Repsol Honda itu untuk membuat poinnya kini jadi 269 poin.

Sementara Dovizioso menjalani balapan tak memuaskan dengan finis di posisi ke-13. Pebalap Ducati tersebut cuma menambah tiga angka saja, dengan raihan keseluruhannya sejauh ini jadi 236 poin.


Hasil-hasil dalam balapan tersebut praktis juga menyisakan Marquez dan Dovi saja dalam persaingan berebut gelar juara. Maverick Vinales (Movistar Yamaha), yang sebelumnya secara matematis masih berpeluang dan kini menempati posisi tiga di klasemen, sekarang sudah tercoret dari persaingan.

Vinales memang naik podium berkat finis ketiga di Phillip Island. Tapi itu cuma membuatnya memiliki 219 poin sejauh ini. Dengan dua seri sisa, raihan maksimalnya di dua seri sisa hanya akan membuatnya menyamai poin Marquez.

[Gambas:Video 20detik]


Padahal ditilik dari jumlah kemenangan, yang digunakan untuk mengatur posisi akhir jika ada dua rider dengan poin sama, Vinales sudah pasti kalah dari Marquez; Vinales tiga (maksimal lima) kemenangan, Marquez sudah enam.

Maka MotoGP 2017 kini tinggal melibatkan Marquez dan Dovizioso dalam dua seri sisa, di Sepang dalam MotoGP Malaysia (29 Oktober) dan di Ricardo Tormo dalam MotoGP Valencia (12 November).

Jarak 33 poin di antara kedua rider tak ayal membuat Marquez jadi favorit kuat untuk meraih titel keempatnya di MotoGP. Namun, tentu saja Dovizioso masih tetap punya kans meraih titel kelas primer pertamanya, mengingat apa saja bisa terjadi di MotoGP.

(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed