DetikSport
Sabtu 28 Oktober 2017, 04:41 WIB

Yang Menahan Rossi di Hari Pertama

Yanu Arifin - detikSport
Yang Menahan Rossi di Hari Pertama Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Sport
FOKUS BERITA: MotoGP Malaysia 2017
Sepang - Penampilan Valentino Rossi pada dua sesi free practice MotoGP Malaysia masih belum maksimal. Pebalap Yamaha itu menjelaskan situasinya.

Rossi menempati peringkat ke-12 di sesi pertama latihan bebas yang berlangsung kering di sirkuit Sepang, Jumat (27/10/2017) siang WIB. Di sesi kedua, pebalap asal Italia itu bisa memperbaiki posisi dalam sesi yang berlangsung dalam kondisi basah dan finis keenam.

Pada sesi pertama, Rossi merasa lajunya tak terlalu buruk. Tapi di 10 menit terakhir, posisinya tergusur karena pebalap lain memasang ban soft.

"Kami cukup beruntung bisa balapan dalam kondisi kering sebab perkiraan cuacanya sangat jelek. Pada sesi pagi kami punya 20 menit untuk mencoba ban slick dan memacunya. Di kondisi kering rasanya tidak terlalu buruk. Kami masih harus melakukan perbaikan, tapi sudah cukup bagus kok," Rossi menjelaskan seperti dilansir Crash.

"Tapi kemudian situasinya sulit dimengerti karena di sepuluh menit terakhir, banyak pebalap menggunakan ban belakang soft dan meningkatkan waktunya. Tapi sebelum itu, kecuali Marc Marquez yang sangat tangguh, kecepatan saya tidak terlalu buruk," imbuhnya.

Di sesi sore, Rossi harus melakoni sesi yang berjalan basah sepenuhnya sehingga tak bisa melanjutkan pengembangan setelan di sesi pagi. Tapi setidaknya pada sesi sore ini dia bisa mencoba meningkatkan performa motornya di trek basah, yang tahun ini memang tak sebaik tahun lalu.

"Pada sore hari, kondisinya basah sepenuhnya dan latihan menjadi menarik sebab kami bisa berupaya keras mengatasi situasi buruk di Jepang kemarin. Dan saya melaju lebih baik. Saya bisa memperbaiki catatan waktu dan akhirnya finis di posisi enam."

"Tapi perasaan di atas motor tetap tak fantastis, saya masih merasa belum nyaman di atas motor. Saya tidak punya cukup daya cengkeram di belakang dan tidak bisa memacu motor hingga maksimal, jadi kami harus bekerja lagi. Situasinya bagus, tapi kami masih belum sekuat tahun lalu di kondisi basah," pebalap berjulu The Doctor ini menjelaskan.

Di hari pertama ini, pebalap Ducati Andrea Dovizioso menguasai sesi pertama dan kedua.
(raw/raw)

FOKUS BERITA: MotoGP Malaysia 2017
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed