DetikSport
Senin 30 Oktober 2017, 01:59 WIB

Rossi: Motorku Sangat Berbahaya di Trek Basah

Yanu Arifin - detikSport
Rossi: Motorku Sangat Berbahaya di Trek Basah Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Sepang - Berharap naik podium, Valentino Rossi nyatanya cuma finis ketujuh di MotoGP Malaysia. Pebalap Yamaha itu mengaku motornya masih bermasalah, bahkan berbahaya.

Rossi start dari posisi empat dalam balapan MotoGP Malaysia yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Minggu (29/10/2017). Ia membawa harapan bisa finis di podium.

[Gambas:Video 20detik]


Target itu tak lepas dari hasil sesi latihan bebas kedua, Jumat (27/10). Ketika itu, dalam kondisi trek yang basah, Rossi berada di posisi keenam, setelah di sesi pertama cuma menempati posisi 12.

Namun, dalam kondisi trek yang juga basah lantaran hujan yang turun sebelum balapan berlangsung, Rossi justru tercecer. Ia cuma finis di posisi ketujuh dengan catatan waktu 45 menit 22,266 detik.


Rossi menjelaskan, masalah grip ban belakang motornya kembali muncul saat balapan. Ia menilai motornya jadi sulit dikendarai, bahkan menjadi lebih berbahaya di atas lintasan basah sebab berpotensi membuatnya terjatuh.

"Anda tahu, aku cukup khawatir, tapi tidak berputus asa (ketika hujan turun) sebab pada Jumat di kondisi basah, aku punya masalah yang sama tapi tetap bisa menempati posisi keenam. Sejak itu kami banyak membenahi motor dan aku yakin hal itu bakal berhasil," Rossi menjelaskan seperti dilansir Crash.net.

"Tapi sayangnya, aku punya masalah yang sama persis seperti hari Jumat. Kami tidak punya grip sama sekali. Motor menjadi sangat sulit dikendarai, juga sangat berbahaya, dan Anda langsung tahu kalau mencoba memacunya lebih kencang, ya bisa jatuh. Seperti yang terjadi di Motegi," kata Rossi.

Balapan MotoGP Malaysia dimenangi oleh pebalap Ducati Andrea Dovizioso, disusul rekan setimnya Jorge Lorenzo, serta Johann Zarco dari tim Monster Tech3. Sementara itu, rekan setim Rossi, Maverick Vinales, juga mengalami masalah yang sama sehingga finis di posisi sembilan.

"Ini sangat disayangkan karena kami butuh hasil bagus untuk menegaskan (podium di) Phillip Island. Dan kupikir dalam kondisi kering aku kompetitif. Di sepanjang akhir pekan aku cukup bagus, Jadi, kupikir aku bisa menjalani balapan yang bagus," ujar Rossi.

"Sayangnya terjadi hujan, tapi Anda harus siap dalam semua kondisi. Aku tadinya berharap bisa lebih baik daripada di Motegi. Tapi, kenyataannya tidak. Motor ini tetap sulit dikendarai," katanya.




(mfi/mfi)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed