DetikSport
Senin 30 Oktober 2017, 05:59 WIB

Konfirmasi Ducati soal Bantuan Lorenzo untuk Dovizioso

Yanu Arifin - detikSport
Konfirmasi Ducati soal Bantuan Lorenzo untuk Dovizioso Lorenzo telah membantu Dovizioso menjaga persaingan dengan Marquez hingga seri terakhir (AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANA)
FOKUS BERITA: MotoGP Malaysia 2017
Jakarta - Andrea Dovizioso memenangi MotoGP Malaysia dan bisa menjaga kans juara dunianya. Bos Ducati, Davide Tardozzi, mengaku Jorge Lorenzo punya peran atas hal itu.

[Gambas:Video 20detik]


Dovizioso memenangi balapan yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Minggu (29/10/2017). Dia mengalahkan rekan setimnya, Lorenzo, dan rider Monster Tech Johann Zarco yang berada di urutan tiga. Sementara rival utama Dovi, Marc Marquez, cuma finis keempat.

Hasil itu membuat Dovi sukses memangkas selisih poinnya dengan Marquez menjadi 21 angka. Penentuan gelar juara pun mesti ditentukan di seri terakhir di Valencia, 12 November nanti.



Dovi menjalani balapan yang tidak mudah di Sepang karena Lorenzo memimpin balapan sejak awal hingga mendekati akhir. Rider asal Spanyol itu baru kehilangan posisinya saat tinggal menyisakan empat putaran lagi.

Momen disalipnya Lorenzo dan Dovizioso sempat memunculkan rumor Lorenzo sengaja mengalah agar peluang juara rekannya terjaga. Sebelumnya Lorenzo memang mendapat pesan di dashboard motornya, yang isinya disebut-sebut instruksi agar ia mengalah dari Dovi.

Tardozzi mengaku ada pertemuan antara dirinya, Dovizioso dan Lorenzo sebelum balapan. Isi pembicaraan adalah membahas kans juara Dovizioso.

"Kami berbicara dengan para pebalap tentang apa yang bisa terjadi. Keduanya tahu situasinya dan jelas bahwa Jorge memikirkan pabrik, tim, dan Ducati," Tardozzi mengungkapkan kepada Crash.

"Itu adalah sesuatu yang terjadi sebab kami sampaikan kepada pebalap bahwa dalam situasi ini, ada baiknya tetap punya kans menjaga peluang kejuaraan. Saya pikir akan sangat bodoh memberi gelar pada Marc. Kami tahu ini sangat sulit. Mengapa tidak tetap buka sampai Valencia?

"Tapi itu adalah sesuatu yang kami bahas sebelumnya dengan para pebalap hanya jika ada kesempatan seperti ini, atau jika memang situasinya seperti itu, itu harus menjadi hasil agar peluang kejuaraan tetap terbuka," Tardozzi menambahkan.



Lorenzo sendiri sempat mengklaim tidak melihat pesan itu. Tardozzi tak mempermasalahkannya, bahkan menilai Lorenzo sudah amat membantu Dovizioso.

"Yeah, tapi ini bukan masalah pesan. Jorge tahu persis apa skenarionya. Dengan skenario ini, dia tahu apa hasilnya. Semuanya begitu sederhana. Kami perlu terus menjaga peluang kejuaraan dan Jorge sudah membantu tim dan Ducati untuk terus menjaganya," Tardozzi menegaskan.
(din/mfi)

FOKUS BERITA: MotoGP Malaysia 2017
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed