DetikSport
Selasa 31 Oktober 2017, 12:09 WIB

Honda Pertahankan Titel Juara Dunia Konstruktor MotoGP

Doni Wahyudi - detikSport
Honda Pertahankan Titel Juara Dunia Konstruktor MotoGP Foto: Instagram @hrc_motogp
Jakarta - Marc Marquez belum bisa mengunci titel juara dunia pebalap di MotoGP Malaysia. Tapi posisi empat yang diraih di sana mengantar Honda meraih juara dunia konstruktor.

Selepas MotoGP Malaysia, poin konstruktor Honda berjumlah 332, unggul 29 poin dari Ducati di urutan kedua. Dengan hanya ada satu balapan tersisa, jumlah poin Honda tidak akan bisa dikejar oleh rivalnya yang asal Italia itu.

Ini merupakan kali kedua beruntun Honda menjadi juara dunia konstruktor. Sukses tersebut banyak terbantu oleh performa gemilang Marc Marquez.

Rider asal Spanyol itu memberi enam kemenangan di musim 2017 ini. Sementara Dani Pedrosa memberi satu kemenangan di Jerez. Poin lain Honda didapat dari Carl Crutchlow saat dia menjadi penunggang Honda dengan posisi finis paling bagus di Silverstone. Demikian dikutip dari situs resmi MotoGP.

Sejak memenangi titel kelas primer pertamanya di 1966, Honda telah meraih 23 gelar juara dunia konstruktor. Sementara jika ditotal di semua kelas, titel konstruktor pabrikan asal Jepang itu sudah berjumlah 67.

Masing-masing pabrikan mendapat poin konstruktor yang jumlahnya sama dengan yang diraih pebalap peraih hasil terbaik. Di Sepang lalu, misalnya, Honda mendapat 13 poin dari Marc Marquez sementara Ducati dapat 25 poin dari Andrea Dovizioso, dan Yamaha dapat 16 poin dari Johann Zarco yang naik podium terakhir.

Klasemen Konstruktor MotoGP 2017 (sampai MotoGP Malaysia)
Honda Pertahankan Titel Juara Dunia Konstruktor MotoGPFoto: (crash.net)

(din/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed