DetikSport
Rabu 01 November 2017, 12:07 WIB

Marquez atau Dovizioso Jadi Juara Dunia? Ini Skenarionya

Doni Wahyudi - detikSport
Marquez atau Dovizioso Jadi Juara Dunia? Ini Skenarionya Foto: Dan Istitene/Getty Images Sport
Jakarta - Marc Marquez dan Andrea Dovizioso membawa persaingan menjadi juara dunia MotoGP hingga ke seri terakhir. Marquez unggul jauh, tapi apapun bisa terjadi di Valencia.

Setelah Dovi juara di Malaysia dan Marquez hanya bisa finis keempat, persaingan menjadi juara dunia MotoGP 2017 akan dituntaskan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Marquez masih bertengger di puncak klasemen dengan 282 poin, unggul 21 angka dari Dovi yang ada di posisi dua. Kondisi itu jelas sangat menguntungkan sang rider Honda, tapi berkaca pada hasil balapan di Malaysia segala hal sebenarnya bisa terjadi.

Dari hitungan matematis, kans Dovizioso jadi juara dunia masih terbuka. Demi menjaga peluang itu tetap terbuka Dovi harus jadi juara pada balapan di Valencia, Minggu (11/11/2017) malam WIB.

Tapi itu tak otomatis memberi Dovi titel. Dengan asumsi Dovi akan mengumpulkan 286 poin (andai jadi juara), itu artinya Marquez cuma harus finis di posisi 11. Dengan tambahan lima angka dari hasil finis ke-11, Marquez akan punya 287 poin.

Jika Marquez finis di urutan 12, maka dia dan Dovi punya poin sama 286. Dalam skenario ini, Dovi lah yang akan jadi juara karena dia punya kemenangan lebih banyak (7:6).

Skenario juara dunia di Valencia:

- Marquez akan menjadi juara dunia dengan paling tidak finis di posisi 11 besar.

- Marquez bisa jadi juara meski tidak dapat poin, dengan catatan Dovizioso gagal juara.

- Jika Marquez finis di posisi 12 dan Dovizioso jadi juara, maka Dovi akan jadi juara dunia. Poin kedua pebalap sama 286, tapi Dovi unggul jumlah kemenangan.

- Dovizioso jadi juara dunia andai dia finis teratas dan Marquez menuntaskan balapan di luar 11 besar.
(din/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed