DetikSport
Rabu 01 November 2017, 13:10 WIB

Rahasia Sukses Ducati Musim Ini: 3D

Doni Wahyudi - detikSport
Rahasia Sukses Ducati Musim Ini: 3D Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Bukan Yamaha yang jadi pesaing Honda di MotoGP musim ini. Ducati mencuat ke permukaan bersama Andrea Dovizioso. Rahasia performa bagus pabrikan Italia itu adalah 3D.

Terlepas dari kecilnya peluang Dovizioso menjadi juara dunia dalam persaingannya dengan Marc Marquez, Ducati tampil sangat memuaskan di musim ini. Ada enam kemenangan dikumpulkan pabrikan tersebut, dan total 11 kali naik podium.

Ducati kini berada di atas Yamaha, yang kedatangan Maverick Vinales dan di awal musim digadang-gadang akan menjalani persaingan sengit dengan Honda. Apa yang membuat Ducati tampil sangat baik musim ini?



Menurut pengamat top MotoGP, Carlo Pernat, fakto utama sukses Ducati adalah 3D: Desmosedici, Dovizioso, dan (Luigi) Dall'Igna.

"3D itu adalah Dovizioso, Ducati, dan Dall'Igna. Dall'Igna datang ke Ducati di saat yang sangat tepat. Dia sepenuhnya bertanggung jawab terhadap pengembangan motor Desmosedici," ucap Pernat dikutip dari situs GPOne.

"Yang terakhir, ada Dovizioso, yang sudah menunjukkan ketekunannya dalam membalap," lanjut dia.

Terkait persaingan Dovi menjadi juara dunia, Pernat juga menilai rider asal Italia itu mengalami perkembangan luar biasa musim ini. Itu juga terkait peran besar Dall'Igna.

"Dovi mengaku ke saya kalau dia membuat kemajuan dan saya pikir itu karena mental pelatihnya yang sudah bersama dia lebih dari setahun dan telah membantunya. Mengalahkan Marc Marquez menunjukkan dia sudah banyak berkembang," tuntas Pernat.
(din/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed