DetikSport
Rabu 01 November 2017, 15:40 WIB

Marquez vs Dovi dan Balapan Penentu di Valencia pada Masa Lalu

Kris Fathoni W - detikSport
Marquez vs Dovi dan Balapan Penentu di Valencia pada Masa Lalu Jorge Lorenzo saat memastikan gelar juara dunia MotoGP 2015 di Valencia (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Kampiun MotoGP 2017, Marc Marquez atau Andrea Dovizioso, akan ditentukan dalam seri pamungkas di Valencia. Di masa lalu sudah berapa kali terjadi hal serupa?

Marquez dari Repsol Honda dan Dovizioso di bawah panji Ducati bakal menjalani MotoGP Valencia dengan memperebutkan mahkota juara dunia kelas primer musim ini.

Untuk balapan penentu di seri pamungkas tersebut, Marquez memiliki keunggulan 21 poin atas Dovizioso. Artinya, Dovi wajib untuk menang agar setidaknya bisa tetap menjaga asa. Hasil selain podium pertama dari Dovi akan membuat Marquez jadi juara dunia.


Nah, seri pamungkas yang memunculkan persaingan berebut gelar juara dunia seperti kali ini sudah beberapa kali terjadi dalam kejuaraan dunia balap motor grand prix kelas primer. Tepatnya 17 kali sebelum ini.

Lebih spesifik lagi, sebelum ini sudah ada tiga momen ketika titel juara dunia kelas primer harus ditentukan dalam seri pamungkas di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Sirkuit itu sendiri sudah menjadi tempat balapan seri pamungkas semenjak 2002.

Secara terperinci ketiga balapan penentu di Valencia itu terjadi pada tahun 2006, 2013, dan terakhir 2015 lalu. Kisah-kisah menarik pun hadir dalam ketiga balapan penentu di Valencia itu.

Di 2006, misalnya, ketika Valentino Rossi tiba di Valencia dengan keunggulan delapan poin atas Nicky Hayden. Tapi Hayden tetap keluar jadi juara dunia dengan keunggulan lima angka setelah Rossi crash di awal balapan, walaupun ia masih bisa finis ke-13.

Kemudian di 2013, dengan Marquez menandai musim debutnya di MotoGP sebagai juara dunia usai finis ketiga di Valencia. Marquez sukses menyudahi perlawanan Jorge Lorenzo, yang berada di posisi kedua klasemen akhir dengan terpaut empat poin darinya.

Drama lainnya, yang paling anyar, terjadi pada tahun 2015 saat Rossi datang ke Valencia dengan keunggulan lima poin atas Lorenzo. Tapi Lorenzo mampu jadi kampiun, dimuluskan penalti start Rossi akibat insiden dengan Marquez dalam balapan sebelumnya di Sepang.


Mulai terbayang bakal seberapa seru persaingan Marquez dengan Dovi dalam balapan pamungkas musim ini? Sabar dulu karena MotoGP Valencia baru akan dihelat pada 12 November mendatang.



(krs/din)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed