DetikSport
Selasa 07 November 2017, 13:57 WIB

Jelang MotoGP Valencia

Kali Ketiga Marquez Hadapi Balapan Penentu Titel di Valencia

Kris Fathoni W - detikSport
Kali Ketiga Marquez Hadapi Balapan Penentu Titel di Valencia Marc Marquez, MotoGP Valencia 2013 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Milan - Akhir pekan ini Marc Marquez akan bersaing dengan Andrea Dovizioso dalam balapan penentu titel di Valencia. Inilah kali ketiga Marquez ada di situasi serupa.

Marquez (Repsol Honda) menyongsong MotoGP Valencia, seri pamungkas dan penentu musim, dengan memuncaki klasemen sementara berkat keunggulan 21 angka dari Dovizioso (Ducati). Salah satunya akan meninggalkan sirkuit Ricardo Tormo sebagai kampiun MotoGP 2017.


Untuk Marquez, yang sudah punya lima titel juara dunia termasuk tiga di kelas primer, situasi tersebut sudah pernah dua kali ia rasakan sebelumnya.

Yang pertama adalah pada tahun 2010 ketika rider Spanyol tersebut meraih gelar juara dunianya yang pertama, ketika tampil di kelas 125cc.

Pada musim balapan tujuh tahun yang lampau, Marquez datang ke Valencia dengan keunggulan 17 poin atas Nicolas Terol. Finis keempat di Ricardo Tormo memastikan Marquez jadi kampiun 125cc 2010.


Momen kedua Marquez memperebutkan titel dalam seri pamungkas di Valencia terjadi tahun 2013, pada musim debutnya di MotoGP. Marquez datang ke Valencia dengan keunggulan 13 angka dari Jorge Lorenzo. Saat itu Lorenzo berhasil memenangi balapan, tapi finis ketiga buat Marquez memastikannya meraih gelar juara dunia pertamanya di kelas primer dengan keunggulan empat poin.

"Ini merupakan kali ketiga saya bertarung memperebutkan titel di balapan terakhir," kata Marquez dalam sebuah acara Honda di Milan, seperti dilansir GPOne.com.

"Dibandingkan dengan 2013, saya kini punya lebih banyak poin tapi tidak bisa meremehkan rival. Saya sudah tak sabar kembali ke lintasan, ini merupakan balapan terpenting dalam satu musim," ujarnya.


(krs/mrp)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed