DetikSport
Selasa 07 November 2017, 14:33 WIB

Jelang MotoGP Valencia

Lorenzo: Dovi Cerdas, Marquez Punya Tekanan Lebih Besar

Kris Fathoni W - detikSport
Lorenzo: Dovi Cerdas, Marquez Punya Tekanan Lebih Besar Marc Marquez dan Andrea Dovizioso di MotoGP 2017 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Barcelona - Jorge Lorenzo pernah bersaing sengit dengan Marc Marquez sampai Valencia. Ia pun mengomentari situasi Marquez vs Andrea Dovizisio di skenario serupa pekan ini.

MotoGP Valencia akhir pekan ini akan menghadirkan balapan penentu gelar juara dunia, tepat sebelum musim berakhir. Ada dua kandidat yakni Marquez (Repsol Honda) yang unggul 21 poin dari Dovizioso (Ducati).

Selama beberapa tahun terakhir, ada beberapa momen titel juara dunia MotoGP ditentukan pada seri balapan penutup musim di Valencia, salah satunya adalah pada tahun 2013 lalu. Marquez juga terlibat saat itu. Bedanya, rivalnya empat tahun lalu adalah Lorenzo.


Saat itu Marquez menghadapi MotoGP Valencia 2013 dengan keunggulan 13 poin dari Lorenzo. Pada prosesnya Marquez tampil jadi kampiun berkat keunggulan empat poin dari Lorenzo.

"Saat itu Marc punya keunggulan lebih sedikit. Kali ini ia lebih memiliki keunggulan," ucap Lorenzo, rekan setim Dovizioso, kepada GPOne.com.


Dengan situasi saat ini, Dovizioso tidak diunggulkan karena syarat utama untuk menjaga peluangnya adalah dengan memenangi balapan di Valencia. Untuk jadi juara dunia, ia pun masih harus berharap Marquez dapat hasil buruk.

Akan tetapi, Lorenzo menilai bahwa Marquez pun memiliki tekanan tersendiri akibat besarnya keunggulan poin yang dimiliki. Terkait aspek tersebut, Dovizioso justru akan bisa tampil lepas dan tanpa beban.


"Andrea tahu persis apa yang harus dilakukan. Ia rider cerdas, ia amat memahami motornya luar-dalam dan saya yakin ia akan melakukan semua yang ia mampu agar bisa kompetitif dan berusaha menang," kata Lorenzo.

"Saya pikir saat ini Marc berada dalam tekanan lebih besar. Juga karena kalau Dovi membuat kesalahan, tidak ada yang akan berubah (buat Dovi)," tuturnya.



(krs/raw)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed