DetikSport
Selasa 07 November 2017, 19:21 WIB

Statistik MotoGP Valencia

Kris Fathoni W - detikSport
Statistik MotoGP Valencia MotoGP Valencia tahun lalu (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - MotoGP 2017 akan memasuki balapan pamungkas pekan ini, sekaligus menentukan akhir persaingan Marc Marquez dengan Andrea Dovizioso. Berikut statistik balapan itu.

Setelah 17 seri berlalu, sudah tiba saatnya untuk memasuki seri balapan ke-18 di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Fokus utama dalam balapan tersebut adalah bagaimana akhir perebutan gelar juara dunia kelas primer antara Marquez dengan Dovizioso.

Terkait hal tersebut, ini statistik-statistik yang akan mengiringi jalannya balapan tersebut seperti dirangkum MotoGP.com:

- Ini akan menjadi kali ke-16 beruntun Valencia sudah melangsungkan balapan penutup musim, membuatnya jadi sirkuit terbanyak yang jadi balapan terakhir. Seri ini sudah menjadi balapan pamungkas sepanjang era MotoGP.

- Sirkuit Valencia dinamakan seperti pebalap Spanyol Ricardo Tormo, yang menjadi juara dunia 50cc bersama Bultaco pada 1978 dan 1981. Selain 15 kemenangan seri balapan di 50cc, ia juga punya empat kemenangan di kelas 125cc. Kariernya berakhir pada 1984 akibat cedera kaki setelah jatuh dalam sebuah test rider. Tormo meninggal dunia akibat leukemia pada 1998.

- Dani Pedrosa (Repsol Honda) adalah rider tersukses di sirkuit Valencia dengan enam kemenangan: tiga di MotoGP, dua di 250cc, dan satu di 125cc. Rider tersukses berikutnya di sini adalah Jorge Lorenzo (Ducati) dengan empat kemenangan seluruhnya di MotoGP.

- Balapan kelas primer di Valencia sudah sembilan kali dimenangi rider Spanyol: Sete Gibernau di balapan 500cc dengan Suzuki pada 2001; Dani Pedrosa di balapan MotoGP pada 2007, 2009, dan 2012; Jorge Lorenzo menang pada 2010, 2013, 2015, dan 2016; Marc Marquez (Repsol Honda) menang tiga tahun lalu.

- Casey Stoner merupakan pemenang non-Spanyol terakhir yang memenangi MotoGP Valencia. Rider Australia itu melakukannya pada 2011.

- Semenjak era four stroke MotoGP pada 2002, Honda sudah menjadi pabrikan tersukses dengan delapan kemenangan di sirkuit Valencia. Kemenangan terakhirnya adalah bersama Marc Marquez pada 2014.

- Yamaha punya lima kemenangan MotoGP di sirkuit Valencia, termasuk dua tahun terakhir dengan Jorge Lorenzo.

- Ducati punya dua kemenangan di Valencia: dengan Troy Bayliss pada 2006 dan Casey Stoner pada 2008.

- Semenjak Stoner finis kedua di Valencia pada 2010, rider Ducati baru bisa naik podium lagi di sirkuit itu lewat finis ketiga Andrea Iannone tahun lalu.

- Podium tunggal Suzuki di Valencia pada era MotoGP adalah finis ketiga lewat John Hopkins pada 2007.

- Baru satu kali balapan MotoGP di Valencia memunculkan pemenang yang tidak start dari baris terdepan; Marc Marquez pada tahun 2014 ketika start dari posisi lima.

- Dalam delapan tahun terakhir grand prix di Valencia, ada setidaknya satu rider Spanyol yang memenangi salah satu dari tiga kelas balapan.



(krs/din)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed