DetikSport
Rabu 08 November 2017, 14:37 WIB

MotoGP Valencia: Perpisahan Barbera dan Baz dengan Kelas Primer

Kris Fathoni W - detikSport
MotoGP Valencia: Perpisahan Barbera dan Baz dengan Kelas Primer Hector Barbera dan Loris Baz di lintasan MotoGP 2017 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valencia - MotoGP Valencia di akhir pekan sekaligus menjadi momen perpisahan buat Hector Barbera dan Loris Baz yang musim depan takkan lagi tampil sebagai rider MotoGP.

Kedua pebalap dari tim Reale Avintia Racing tersebut sama-sama tidak akan lanjut membalap di kelas primer balap motor grand prix pada musim depan. Di 2018, Barbera beralih ke Moto2 sementara Baz rencananya balik ke Superbike.

"Valencia merupakan balapan kandang saya dan membalap di sirkuit Ricardo Tormo selalu terasa spesial," kata Barbera seperti dilansir Crash.net.

Barbera, kelahiran Spanyol 31 tahun lalu, sudah berkecimpung di MotoGP semenjak 2010. Musim 2016 lalu dapat dikatakan sebagai musim terbaik Barbera di kelas primer setelah mengukir finis terbaik, di posisi keempat MotoGP Malaysia 2016, dalam proses untuk menyudahi musim dengan berada di posisi ke-10 papan klasemen akhir.

"Saya tak ragu akhir pekan ini akan terasa amat indah dan sarat emosi, tapi saya ingin bekerja keras sedari latihan pertama pada hari Jumat dan bersiap untuk balapan di hari Minggu. Saya ingin menyudahi fase karier ini dengan sebuah hasil bagus buat saya sendiri, tim saya, dan juga semua sponsor yang sudah mendukung saya," ujarnya.

Sementara itu Baz, yang baru tiga musim mengarungi dunia MotoGP, juga menegaskan betapa spesialnya balapan di akhir pekan. Apalagi rider Prancis 24 tahun itu mengaku punya rumah dekat sirkuit Ricardo Tormo.

"Ini akan menjadi balapan MotoGP terakhir buat saya untuk saat ini, sebelum memulai bab baru dalam karier. Valencia juga istimewa buat tim karena ini balapan kandang mereka dan itu mengapa saya akan berusaha sebaik mungkin," ucap Baz.

"Saya juga memiliki rumah dekat sirkuit ini jadi rasanya pun seperti menjalani balapan kandang saya sendiri. Saya harap saya bisa menikmati balapan terakhir ini," tuturnya.

Pencapaian terbaik Baz selama di MotoGP adalah dua kali finis di posisi keempat, yakni di MotoGP San Marino 2015 dan MotoGP Repubik Ceko 2016. Musim depan tempat Baz dan Barbera di tim Reale Avintia Racing bakal ditempati Tito Rabat dan Xavier Simeon.


(krs/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed