DetikSport
Kamis 09 November 2017, 13:33 WIB

Marquez Jagonya Sirkuit dengan Karakter seperti di Valencia

Kris Fathoni W - detikSport
Marquez Jagonya Sirkuit dengan Karakter seperti di Valencia Marc Marquez saat menang di Phillip Island (Foto: Robert Cianflone/Getty Images)
Jakarta - Sebuah karakter di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia memperlihatkan kecenderungan Marc Marquez berjaya. Ia jagonya sirkuit dengan laju berlawanan arah jarum jam (anti-clockwise).

Rider Repsol Honda tersebut menghadapi MotoGP Valencia di akhir pekan dengan keunggulan 21 poin atss rider Ducati Andrea Dovizioso, rivalnya dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2017.

Keunggulan poin tersebut membuat Marquez bahkan tetap bisa menjadi juara dunia dengan finis ke-11 sekalipun, seandainya Dovizioso bisa naik podium pertama di Valencia.

Bicara hasil musim ini, mengecualikan dua kali DNF di Le Mans dan Silverstone, Marquez sebenarnya cuma pernah satu kali finis di luar posisi lima besar yakni di Mugello. Ia sebaliknya 11 kali naik podium, dengan enam di antaranya berupa kemenangan.

Peluang Marquez menambah koleksi gelar juara dunianya bertambah besar, seiring dengan fakta bahwa sirkuit Ricardo Tormo merupakan salah satu dari segelintir sirkuit yang lajunya berlawanan arah jarum jam pada musim ini.

Dari total 18 seri balapan MotoGP 2017, ada total lima sirkuit dengan karakter seperti itu, yakni Circuit of the Americas, Sachsenring, Aragón, Phillip Island, dan Ricardo Tormo. Marquez tinggal butuh menaklukkan sirkuit Ricardo Tormo untuk menyapu bersih kemenangan di seluruh kelima sirkuit anti-clockwise tersebut musim ini.

Situs MotoGP.com membeberkan sebuah catatan lain yang memperkuat argumentasi bahwa Marquez memang jago di sirkuit anti-clockwise. Semenjak tampil di kelas primer, ia sudah meraih 20 kemenangan dari 29 balapan di sirkuit dengan karakter seperti itu.

"Saya merasa nyaman karena saya menyenangi Valencia. Itu merupakan sirkuit dengan laju berlawanan arah jarum jam, yang biasanya cocok dengan saya," ucap Marquez.



(krs/raw)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed