detiksport
Follow detikSport
Kamis, 09 Nov 2017 16:39 WIB

Jelang MotoGP Valencia

3,9%, Persentase Marquez Finis di Luar 11 Besar

Doni Wahyudi - detikSport
Marc Marquez sangat jarang finis di luar 11 besar (Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez sangat jarang finis di luar 11 besar (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Finis di luar 11 besar akan mengancam peluang juara Marc Marquez. Berbicara statistik, Marquez sangat jarang menuntaskan balapan di luar posisi tersebut.

Marquez saat ini unggul 21 poin atas Andrea Dovizioso di klasemen MotoGP. Dengan komposisi seperti itu, Marquez hanya harus finis di posisi 11 besar pada balapan di Valencia akhir pekan ini untuk meraih titel juara duni MotoGP untuk kali ketiga.

Bahkan Marquez tetap jadi juara dunia andai dia tak meraih sebijipun poin. Skenario itu hanya bisa terjadi andai Dovi gagal menjejak podium teratas.

Berbicara tentang hasil balapan di luar 11 besar, Marc Marquez sangat jarang mengalaminya. Menurut catatan Marca, dari 76 balapan yang sudah dilalui di kelas MotoGP, cuma tiga kali Marquez finis di luar 11 besar.



Jika dipersentase, Marquez cuma 3,9% merasakan berada di luar posisi 11 teratas.

Momen di mana Marquez gagal masuk 11 besar terjadi di San Marino dan Aragon tahun 2014, serta Prancis 2016. Menariknya, pada pada tiga momen itu Marquez selalu mengalami crash namun kemudian bisa bangkit dan melanjutkan balapan serta meraih poin.

Di San Marino 2014 Marquez finis di posisi 15 (dapat 1 poin), sementara di Aragon pada musim yang sama dia finis di urutan 13. Musim lalu di Le Mans, Marquez menuntaskan balapan pada posisi 13.

(din/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed