DetikSport
Jumat 10 November 2017, 07:06 WIB

Jelang MotoGP Valencia

Marquez Isyaratkan Main Aman di Valencia

Yanu Arifin - detikSport
Marquez Isyaratkan Main Aman di Valencia Pebalap Honda, Marc Marquez (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valencia - Marc Marquez berpeluang menjadi juara MotoGP 2017 tanpa harus memenangkan seri terakhir di Valencia. Dia pun mengisyaratkan bermain aman di seri terakhir.

Marquez, pebalap tim Repsol Honda, akan melakoni balapan penentuan juara di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (12/11/2017) malam WIB. Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, yang menjadi pesaingnya.

Pada balapan terakhir di Valencia, Marquez membawa keunggulan 21 poin dari Dovi, dengan raihan 282 poin berbanding 261 poin. Keduanya sama-sama sudah meraih enam kemenangan musim ini.

Kondisi itu membuat Marquez bisa merengkuh titel juara dunia keempatnya tanpa harus memenangkan balapan. Ia minimal harus finis di posisi ke-11.

Sementara syarat juara Dovi lebih berat. Rider Italia itu mesti finis pertama sambil berharap Marquez terlempar dari 11 besar atau gagal finis.

Marquez menegaskan, dirinya tak masalah tidak memenangkan balapan Valencia asalkan tetap bisa meraih gelar juara. Meski itu akhirnya ia cuma punya enam kemenangan sebagai juara, dan catatan kemenangannya musim ini kalah dari Dovi.

"Itu jelas, saya bisa kalah di kompetisi ini dan dia bisa menjadi pemenangnya. Yang memimpin 21 poin adalah dia yang harus menjaga keunggulannya dan yang satunya lagi adalah dia yang harus mengalahkan lawannya," Marquez mengatakan seperti dikutip dari Eurosport.

"Dovi harus mengambil risiko dan cuma punya satu strategi yaitu memenangkan balapan dan menanti (hasil pebalap lain). Saya beruntung cuma bergantung pada diri sendiri, yang mana cuma harus menyelesaikan balapan."

"Saya sudah belajar selama bertahun-tahun kalau lebih penting memenangkan kejuaraan daripada balapan. Jika saya mengakhiri musim dengan enam kemenangan dan Dovi tujuh, itu tidak ada bedanya bagi saya. Sebulan dari sekarang, tidak ada orang yang mengingatnya. Tapi gelar kejuaraan akan selamanya diingat," pebalap Spanyol itu menegaskan.

Marquez menilai, membawa keunggulan 21 poin di Valencia memang menguntungkannya. Namun ia tak mau terlena dan berjanji bakal tetap maksimal akhir pekan nanti.

"Kalau bisa membawa keunggulan 21 poin di balapan terakhir setiap tahunnya, ya saya ingin melakukannya, itu akan menjadi keuntungan yang sangat bagus," Marquez menambahkan.

"Tapi saya tidak mau mengambil risiko. Setiap dari Anda bilang ini sudah berakhir, tapi di olahraga dan kehidupan keadaan bisa berubah-ubah.

"Saya tidak mau santai atau menurunkan tensi sedikitpun. Anda harus terus tampil seperti sebelumnya," The Baby Alien menegaskan.


(cas/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed