DetikSport
Minggu 12 November 2017, 06:09 WIB

Ini Cerita Marquez soal Jatuh di Kualifikasi hingga Bisa Dapat Pole

Yanu Arifin - detikSport
Ini Cerita Marquez soal Jatuh di Kualifikasi hingga Bisa Dapat Pole Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Valencia - Marc Marquez sempat terjatuh di sesi kualifikasi, namun bisa meraih pole position di MotoGP Valencia. Ini cerita dari pebalap Repsol Honda itu.

Marquez tidaklah mulus menjalani sesi kualifikasi di Sirkuit Ricardo Tormo, Sabtu (11/11/2017). Ia sempat mengalami crash di Turn 4 saat hendak menikung ke kanan.

Namun, kondisi itu tak membuatnya kehilangan posisi pertama di kualifikasi. Catatan waktunya 1 menit 29,897 detik menjadi yang tercepat, disusul pebalap Monster Yamaha Tech3 Johann Zarc di posisi dua dan rider Suzuki Andrea Iannone.


Marquez menilai dirinya cukup kewalahan dengan bagian depan motornya. Ia bahkan sudah diwanti-wanti Race Engineer-nya, Santi Hernandez, namun tetap memaksakan diri sampai akhirnya terjatuh.

"Saya sangat senang hari ini bisa mencapai tujuan kami yakni start dari baris terdepan, sebab start sangat penting di trek ini. Saya sempat crash di kualifikasi yang membuat saya sedikit frustrasi meski cuma beberapa menit. Sebenarnya, saya tidak benar-benar nyaman dengan bagian depan motor di Turn 4 pada putaran pertama, dan ketika saya bilang ke Santi sebelum percobaan kedua, dia bilang saya harus memerhatikan hal ini," Marquez menjelaskan seperti dikutip dari situs resmi HRC.

"Saya tetap memacu motor sebab saya tahu saya harus melakukannya kalau mau lebih cepat. Tapi kemudian saya terjatuh. Seperti yang saya bilang pada Kamis, 'gaya Marquez' akan baik-baik saja sampai setelah pemanasan, dan saya ingin bekerja dengan cara yang sama seperti biasanya, berusaha keras sepanjang latihan," tambahnya.

"Tapi, hal yang paling penting adalah kami bisa bekerja dengan baik di sepanjang akhir pekan dan kami juga punya kecepatan bagus dengan ban lama. Untuk balapan, kami harus membuat perubahan. Kami harus melihat Dovi di mana, di mana kami bisa finis, dan melakukan yang terbaik saja," kata pebalap berusia 24 tahun itu.

Di Valencia, Marquez bisa meraih gelar juara dunia andai finis di posisi 11 besar. Sementara pesaingnya, Andrea Dovizioso dari Ducati, harus menang dan berharap Marquez terlempar dari 11 besar. Namun, tampaknya hal itu sulit terwujud sebab Marquez meraih pole, dan Dovi harus start dari posisi kesembilan.



(mfi/mfi)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed