DetikSport
Minggu 12 November 2017, 07:56 WIB

Jelang MotoGP Valencia

Lorenzo Tak Akan Bisa Banyak Membantu Dovizioso

Yanu Arifin - detikSport
Lorenzo Tak Akan Bisa Banyak Membantu Dovizioso Jorge Lorenzo akan start dari posisi keempat di MotoGP Valencia (Quinn Rooney/Getty Images)
Valencia - Hasil kualifikasi MotoGP Valencia tak menguntungkan Andrea Dovizioso untuk bersaing memperebutkan gelar juara dunia. Rekannya di Ducati, Jorge Lorenzo, jadi tak bisa membantu banyak.

Dovizioso untuk sementara tertinggal 21 poin dari rivalnya dalam perebutan gelar juara dunia, Marc Marquez. Selisih poin yang begitu lebar membuat Dovi punya syarat juara yang berat. Ia mesti memenangi balapan MotoGP Valencia, Minggu (12/11/2017), dan pada saat yang bersamaan Marquez tidak finis di posisi 11 besar.

Dengan tuntutan harus menang di Valencia, Dovi malah mendapatkan hasil yang mengecewakan dalam kualifikasi, Sabtu (11/11/2017). Dia cuma menempati posisi kesembilan. Sementara itu, Marquez akan start dari posisi terdepan.

Lorenzo, yang semula diharapkan bisa membantu Dovizioso, tak bisa berbuat banyak dalam situasi ini. Lorenzo sendiri akan start dari posisi keempat.


"Ada yang bisa saya lakukan untuk membantunya, tapi saya bukan pebalap semacam itu. Tidak banyak yang bisa saya lakukan karena Dovi harus berada di kelompok pebalap terdepan untuk punya kesempatan menang, dengan Marquez melakukan kesalahan atau mendapat masalah," Lorenzo menuturkan seperti dikutip dari MCN.

"Ini sangat sulit baginya, jadi peluang Dovi kecil. Tapi selalu ada keinginan dan harapan dan apapun bisa saja terjadi di MotoGP," ia menambahkan.

Meski begitu, harapan Lorenzo bisa merusak penampilan Marquez tetap muncul. Selain posisi startnya tidak terlalu buruk, Lorenzo menilai tunggangannya, Desmosedici, punya kecepatan yang bisa bersaing.

"Amat disayangkan saya tidak bisa memulai balapan dari barisan depan, tapi secara keseluruhan ini hari yang positif bagi saya. Saya beruntung tidak cedera dalam crash sebab saya benar-benar cepat, dan saya kecewa dengan hal itu karena saya sedang melakukan putaran yang bagus, dengan waktu yang mungkin cukup bagus untuk meraih pole. Pada percobaan kedua, kenyamanan saya pada ban belakang menjadi lebih buruk dan saya tidak mampu memperbaiki catatan waktu," Lorenzo melanjutkan.

"Namun yang paling penting adalah saya termasuk salah satu pebalap dengan kecepatan terbaik dalam balapan, dan meski Marquez sedikit lebih cepat, fakta dia memperjuangkan gelar juara dunia bisa menjadi keuntungan bagi saya. Dalam beberapa balapan terakhir, saya selalu memperbaiki feeling saya pada motor dan sekarang saya bisa tampil cepat dan konsisten dan ini penting untuk balapan nanti," katanya.


(mfi/mfi)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed