DetikSport
Senin 13 November 2017, 08:34 WIB

Pembelaan Lorenzo: Aku Membantu Dovi dari Posisi Depan

Doni Wahyudi - detikSport
Pembelaan Lorenzo: Aku Membantu Dovi dari Posisi Depan Foto: JOSE JORDAN / AFP
Valencia - Jorge Lorenzo merasa dirinya justru membantu Andrea Dovizioso saat berada di depan. Soal team order, rider asal Italia menganggap itu cuma 'saran' bukan sebagai 'perintah'.

Sebelum mengalami crash, Lorenzo terus menempati posisi empat dari lima pebalap terdepan yang berhasil memisahkan diri. Johann Zarco ada di urutan pertama, Marc Marquez di posisi dua, Dani Pedrosa ketiga, dan Dovizioso kelima.



Kecuali Zarco dengan Marquez, posisi lain di grup terdepan ini statis. Kondisi yang membuat kubu Ducati gerah. Lorenzo sebenarnya bisa saja memberi jalan untuk Dovi supaya dia lebih punya kans untuk bersaing jadi juara di Valencia.

Upaya meminta Lorenzo memberi jalan pada Dovi sudah dilakukan. Pesan ke dashboard motor sudah berulang kali dikirim. Kubu Ducati kemudian juga mengirim pesan melalui pit-board. Sekali lagi meminta Lorenzo memberi jalan untuk Dovi.



"Saya melihat pesan itu tapi saya melihatnya sebagai 'saran'. Saya terus berusaha hingga akhir," ucap Lorenzo dalam sesi konferensi pers usai balapan.

"Perasaan saya mengatakan yang sebenarnya karena saya membantu dia (Dovi) memperbaiki satu atau dua per sepuluh detik lebih dekat ke barisan depan. Niat saya adalah bergabung dengan grup di depan - seperti yang sudah saya lakukan karena saya berada di belakang Pedrosa - dan Dovizioso berada di belakang saya dan punya opsi menang Andai saya membiarkan dia lewat. Sayangnya kondisinya tidak seperti itu," jelas dia lagi dikutip dari Crash.

Dilanjutkan Lorenzo, semua keputusan yang dia ambil di tengah balapan adalah demi tim. Dia bersikeras menyakini dirinya tak bersalah.

"Jika saya melihat Marquez mengalami crash maka saya akan membiarkan dia (Dovi) melintas. Apa lagi yang bisa saya lakukan? Saya mencoba memberi yang terbaik untuk tim, untuk saya, dan untuk Dovi. Mungkin di beberapa tikungan Dovi mendekat dan saya membuatnya melambat untuk memberinya sedikit ruang. Tapi secara umum sepanjang 30 lap, saya berada di depan dia membuat dia terus membaik."

Lorenzo pada akhirnya gagal menuntaskan balapan karena dia terjatuh. Hari Minggu (12/11/2017) kemarin makin nahas untuk Ducati karena Dovizioso juga mengalami kecelakaan dan tidak mampu menyelesaikan race.

"Saya tidak tahu, mungkin Davide (Tardozzi, Bos Tim Ducati) bisa menjawabnya. (Pesan) itu cuma saran, saya tahu itu. Saya ulangi: saya tahu Dovi menghasilkan kecepatan terbaiknya saat balapan (dan itu) karena bantuan saya, kondisinya memang seperti itu. Saya senang karena saya tidak salah. Jika saya lambat dan menghalaunya saya akan meminta maaf. Tapi yang saya rasakan itu benar," paparnya.
(din/raw)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed