DetikSport
Rabu 06 Desember 2017, 16:27 WIB

Lorenzo Bahas 15 Tahun Kiprahnya di Kejuaraan Dunia

Kris Fathoni W - detikSport
Lorenzo Bahas 15 Tahun Kiprahnya di Kejuaraan Dunia Jorge Lorenzo (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Mallorca - Separuh usia Jorge Lorenzo dihabiskan di kejuaraan dunia balap motor grand prix. Rider 30 tahun itu kini membahas masa 15 tahun kiprahnya di ajang tersebut.

Karier Lorenzo di kejuaraan dunia balap motor grand prix dimulai pada tahun 2002 silam dalam seri balapan 125cc di Jerez, Spanyol. Saat itu usianya masih 15 tahun.

Di musim berikutnya Lorenzo langsung pamer talenta dengan meraih kemenangan grand prix pertamanya, masih di kelas yang sama. Ia naik podium teratas di Rio de Janeiro, Brasil.

"Saya kini merasa sudah amat tua," ujar Lorenzo seraya tertawa, seperti dikutip Speedweek.com.

"Saya menjalani debut tahun 2002 di Jerez pada usia 15 tahun. Itu kejuaraan dunia pertama jadi saya sedikit gugup. Tapi saya mampu finis (di posisi ke-22), yang merupakan hal terpenting."

"Itulah awal dari segalanya," tuturnya.

Seperti kemudian tercatat dalam sejarah, Lorenzo pada prosesnya meraih dua gelar juara dunia 250cc (2006 dan 2007), lalu tiga titel MotoGP bersama Yamaha (2010, 2012, 2015). Kini ia berusaha meraih titel berikutnya bersama Ducati.

Dalam kariernya di kejuaraan dunia balap motor grand prix sejauh ini, Lorenzo tercatat sudah memenangi 65 seri balapan. Ia juga telah 148 kali naik podium dan meraih posisi pole sebanyak 65 kali.

"Kami saling bersaing di kelas yang sama setiap tahunnya. Saya sangat mengenal dirinya. Tapi segalanya bisa berubah dalam 15 tahun. Karakter terus berkembang," kata Andrea Dovizioso, rekan satu tim Lorenzo di Ducati.



(krs/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed