detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 20 Des 2017 18:49 WIB

Berdasarkan Pabrikan, Ini Daftar Jumlah Insiden Jatuh MotoGP 2017

Kris Fathoni W - detikSport
MotoGP 2017 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP 2017 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Sam Lowes dari Aprilia Racing Team Gresini adalah rider yang paling sering jatuh di MotoGP 2017. Bagaimana daftar itu jika menilik berdasarkan pabrikan motor?

Sepanjang MotoGP 2017, Lowes terjatuh sebanyak 31 kali. Jumlah itu melampaui sang kampiun Marc Marquez (Repsol Honda) dengan 27 kali jatuh dan Alvaro Bautista dari Pull&Bear Aspar tim (26 kali jatuh).


Nah, data jumlah insiden jatuh dari masing-masing pebalap itu kemudian dikembangkan lagi untuk pembagian berdasarkan pabrikan. Berikut daftarnya seperti dilansir Crash.net:

- Aprilia: 50 kali jatuh/2 motor full time = 25 (rata-rata jumlah jatuh per motor)

- Honda: 84 kali jatuh/5 motor full time = 16,8

- Suzuki: 25 kali jatuh/2 motor full time = 12,5

- Ducati: 97 kali jatuh/8 motor full time = 12,1

- KTM: 18 kali jatuh/2 motor full time = 9,0

- Yamaha: 35 kali jatuh/4 motor full time = 8,8

Dalam penghitungan ini rider-rider wild card tidak dihitung karena mereka tidaklah menggunakan motornya sepanjang musim secara penuh.

Sedangkan rider pengganti diikutsertakan dalam penghitungan itu. Contohnya, jumlah jatuh dari Jonas Folger dihitung secara total pada satu motor bersama rider yang menggantikannya yakni Kohta Nozane, Broc Parkes, dan Michael van der Mark.

"Akan tetapi, daftar ini tidak mengikutsertakan kejadian saat seorang rider absen akibat cedera dan tidak digantikan; Valentino Rossi (Yamaha) di Misano dan Aleix Espargaro (Aprilia) di Sepang," tulis Crash.net.


(krs/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed