DetikSport
Minggu 24 Desember 2017, 19:20 WIB

Marquez Juara di Musim Debut, Apa Ada Rookie Lain yang Bisa?

Yanu Arifin - detikSport
Marquez Juara di Musim Debut, Apa Ada Rookie Lain yang Bisa? Salah satu pebalap rookie MotoGP 2018 Thomas Luthi (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Bern - Marc Marquez langsung pada musim debutnya di MotoGP. Menurut rookie musim depan, Thomas Luthi, hal itu bakal sulit diulangi olehnya dan juga pebalap lain.

Marquez menyita perhatian saat keluar jadi juara di musim pertamanya berkiprah di MotoGP 2013. Ia menjadi juara di usia 20 tahun dengan mengalahkan rider berpengalaman seperti Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Valentino Rossi.

Marquez menjadi rookie terakhir yang mampu keluar sebagai juara di MotoGP. Pebalap lain seperti Alex Rins dan Maverick Vinales tak mampu mengikuti jejaknya.

Di musim 2018, Luthi bakal naik ke MotoGP untuk membela tim Marc VDS. Runner up Moto2 dua musim terakhir itu menjadi rookie MotoGP di usia 31 tahun setelah 16 tahun menghabiskan karier di kelas 125cc dan 250/Moto2.

Meski berpengalaman, Luthi menilai dirinya tidak akan mampu mengulang capaian Marquez. Ia menilai penampilan seperti itu sangat sulit dilakukan, terlebih oleh dirinya yang sudah berumur.

"Ada saat-saat itu, sungguh luar biasa, semua orang menanyakan sosok berusia 20 tahun seperti Marquez, [Jack] Miller dan orang-orang seperti itu, mereka masih sangat muda," Luthi mengatakan kepada Autosport.

"Saya pikir banyak orang sekarang mengerti bahwa tidak semua orang adalah Marquez, dan beberapa orang mungkin perlu sedikit lebih lama untuk belajar banyak hal," sambungnya.

"Itu cukup berat bagi saya karena, usia 31 tahun, sudah terlalu tua, tidak ada kesempatan lagi. Hal ini juga sangat baik untuk melihat bahwa Rossi [pebalap 38 tahun] ada di sana dan memenangkan perlombaan. Itu sangat membantu pastinya," tutup pebalap asal Swiss itu.



(yna/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed