detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 27 Des 2017 08:33 WIB

Beri Penghormatan untuk Sang Legenda, Aspar Kini Bernama Angel Nieto Team

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Takkan ada lagi tim Aspar di kancah balap motor dunia, termasuk di kelas MotoGP. Mereka berganti nama menjadi Angel Nieto Team.

Nieto merupakan salah satu sosok legendaris dalam dunia balap motor Grand Prix. Nieto memiliki 13 gelar juara dunia, yang oleh dirinya sendiri disebut 12+1 karena dia cukup percaya takhayul.

Pria asal Spanyol itu meninggal pada usia 70 tahun di tanggal 3 Agustus tahun ini setelah mengalami kecelakaan. Dia tertabrak mobil saat sedang mengendarai motor roda empatnya di Ibiza, tempat tinggalnya selama bertahun-tahun.

Aktif di dunia Grand Prix mulai 1964 sampai 1986, Nieto merupakan mantan rival sekaligus mentor untuk Jorge Martinez atau yang akrab dipanggil Aspar, pemilik tim Aspar. Aspar menyebut, sukses Spanyol di dunia balap motor saat ini merupakan berkat sentuhan tangan Nieto.

"Angel Nieto itu bersinonim dengan balap motor, sebuah olahraga yang memberinya banyak hal dan juga sebagai gantinya, dia turut memberikan banyak hal," ungkap Aspar dikutip Crash.

"Balap motor seperti saat ini di Spanyol adalah berkat orang yang meletakkan batu pertama dan kami ingin memberikan penghormatan untuk hal tersebut dengan menamai ulang tim kami menjadi Angel Nieto Team," imbuhnya.

Tim Aspar sendiri aktif di sejumlah kejuaraan selain MotoGP, yakni di Kejuaraan Spanyol, Kejuaraan Dunia Junior Moto3, dan Moto3. Selain perubahan nama, tim ini juga akan diperkuat dengan datangnya anak Nieto yakni Gelete Nieto, yang bakal menjabat sebagai kepala tim untuk musim 2018.

Selain Gelete, anak Nieto yang lain yakni Pablo Nieto juga berkiprah di dunia balap dan saat ini menjadi manajer tim Sky Racing VR46 milik Valentino Rossi. Juga ada keponakannya yang bernama Fonsi Nieto, yang saat ini pelatih pebalap di Pramac Ducati.

Angel Nieto Team saat ini diperkuat Karel Abraham dan Alvaro Bautista di kelas MotoGP. (raw/rqi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed