detiksport
Follow detikSport
Rabu, 17 Jan 2018 06:33 WIB

Ducati Akan Lakukan Segalanya untuk Pertahankan Dovizioso

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Bologna - Penampilan Andrea Dovizioso di musim lalu akan menjadi magnet bagi tim-tim lain. Namun, Ducati akan melakukan segalanya demi mempertahankan pebalap Italia itu.

Pada 2017, Dovizioso sukses mencetak enam kemenangan dan tampil sebagai runner-up di bawah sang juara Marc Marquez. Mengingat kontraknya yang akan habis pada akhir tahun ini (seperti pebalap-pebalap lainnya), Dovizioso diyakini akan disasar rumor-rumor yang mungkin tidak masuk akal.

Bagaimanapun, pekerjaan utama Ducati saat ini adalah menaikkan bayaran Dovizioso yang 'hanya' sebesar satu juta euro per tahun, jauh di bawah rekan setimnya Jorge Lorenzo. Padahal pebalap Spanyol itu menandai musim debutnya dengan mengecewakan usai hanya naik podium tiga kali tanpa kemenangan.


Ducati mengaku tidak akan menawarkan tawaran kontrak luar biasa seperti saat menggaet Lorenzo dari Yamaha di mana dia dibayar sebesar 12 juta euro per tahun. Namun, demi Dovizioso bisa saja Ducati akan membuat pengecualian.

"Kami membat sebuah usaha luar biasa untuk mendapatkan Jorge, tapi kami mestinya tidak lupa dia datang dengan lima titel gelar juara. Itu adalah sebuah usaha luar biasa besar yang hanya sekali saja," beber CEO Ducati Claudio Domenicali di Autosport.

"Di masa depan akan ada kesimbangan lebih baik menyoal merekrut pebalap. Kami bisa menawarkan sebuah motor yang memperlihatkan bahwa motor itu sangat kompetitif, karena Dovizioso melakukannya dengan sangat baik. Ketika kami bernegosiasi dengan keduanya (Dovi dan Lorenzo) di awal 2016, kami menawarkan sebuah motor yang tidak memenangi balapan dalam lima tahun."

"Sejak saat itu kami sudah memenangi dua balapan di 2016 lalu enam balapan di 2017. Jadi daya saing motornya berbeda. Ini akan menjadi faktor penting saat membahas perpanjangan kontrak kedua pebalap," sambung dia.

"Kami akan melakukan segalanya untuk mempertahankan Andrea, karena kami percaya potensi dia pada motor kami sangat tinggi. Dovizioso saat ini tidak sama dengan dua tahun lalu. Saat kami merekrut Lorenzo, kami memikirkan soal lima gelar juaranya. Dovi memenangi enam balapan di 2017," sambung Domenicali.

"Target kami akan mempertahankan keduanya. Tapi di sisi lain kondisinya berubah dan kami akan mencoba untuk menemukan keseimbangan." (rin/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed