DetikSport
Kamis 18 Januari 2018, 18:55 WIB

MotoGP Dianggap Perlu Periode Transfer seperti di Sepakbola

Kris Fathoni W - detikSport
MotoGP Dianggap Perlu Periode Transfer seperti di Sepakbola MotoGP dianggap perlu periode transfer (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
London - Ada usulan MotoGP menggunakan sistem periode transfer, seperti yang lazim dipakai di sepakbola, untuk pembahasan kontrak dan masa depan para pebalapnya.

Hal itu dilontarkan oleh Bradley Smith yang membalap untuk KTM. Ia menyuarakan usulan tersebut sehubungan dengan kian santernya spekulasi mengenai musim 2019, kendatipun musim 2018 belum lagi dimulai.

Spekulasi itu sendiri tidak lepas dari fakta bahwa mayoritas rider saat ini, termasuk 12 rider pabrikan, akan habis kontraknya menjelang musim 2019 mendatang. Maka spekulasi pun sudah bermunculan jelang MotoGP 2018.

Nah, Smith sendiri menilai bahwa saat ini tidaklah bijak untuk buru-buru memastikan masa depan dengan satu tim, jika bercermin pada sulit ditebaknya MotoGP 2017. Solusinya, menurut Smith, adalah periode transfer rutin seperti dalam sepakbola.

Dengan periode transfer itu, semua tim jadi bisa saja berusaha meminang rider dari tim lain. Sementara para pebalap pun bisa membuat keputusan setelah melihat potensi masing-masing tim.

"Kita akan selalu bicara soal kontrak. Jika Anda percaya pada rumor yang sudah berseliweran, bahasan perputaran kepindahan bahkan sudah dimulai," kata Smith di Autosport.

"Saya sebenarnya baru saja ngobrol dengan Marc (Marquez) di pesawat saat balik dari Malaysia dan ini semua sudah jadi gila sekali. Ketika Anda melihat ulang musim lalu secara keseluruhan, saya akan mengatakan ada tiga pabrikan yang terlihat paling tangguh pada tiga titik berbeda dalam perjalanan musim. Jadi topik itu (spekulasi untuk 2019) sudah muncul saat ini, padahal sekarang pun kita belum tahu apa yang akan terjadi musim berikutnya (2018), termasuk soal ban."

"Saat ini hampir nyaris diperlukan adanya periode transfer sehingga kita semua bisa membahas segalanya di periode itu, dan di sinilah keputusan dibuat. Bukan, semisal, tiga musim sebelumnya," tuturnya.





(krs/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed