detiksport
Follow detikSport
Rabu, 31 Jan 2018 14:02 WIB

Tak Terkesan Rekor Lorenzo, Marquez: Yang Penting Kecepatan Saat Balapan

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Sepang - Rider Ducati Jorge Lorenzo mematahkan rekor putaran Marc Marquez di tes MotoGP Sepang hari terakhir. Marquez menegaskan, kecepatan saat balapan lebih penting.

Pada sesi di Sirkuit Sepang, Selasa (30/1/2018), Lorenzo melesat dengan catatan waktu 1 menit 58,830 detik. Itu adalah rekor tidak resmi baru di lintasan tersebut memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat Marquez pada 2015.


Secara keseluruhan, Lorenzo tampil menjanjikan pada tes pramusim kali ini karena tidak pernah keluar dari lima besar. Sementara Marquez tampaknya belum menemukan performa terbaik motornya usai ajeg di peringkat ketujuh dalam tiga sesi.

"Kita semua tahu betapa tangguhnya Jorge dan Ducati di Sepang. Faktanya, banyak pebalap memang cepat di lintasan ini," ujar pebalap Honda Repsol itu.

"Setiap tahun, kita datang ke Malaysia dan kita berkata: 'oh, lihat berapa banyak pebalap yang sudah cepat'. Terus terang, apa yang penting adalah menaruh dasar yang tepat dalam menatap balapn pertama di Qatar dan sisa balapan di tahun. Hal yang paling penting adalah kecepatan saat balapan yang bisa Anda pertahankan."

Masih ada dua tes pramusim lain; di Thailand dan Qatar, sebelum MotoGP 2018 resmi bergulir di Losail, Maret. Marquez mengaku tidak mau ambil risiko di tes Sepang.

"Biasanya aku selalu melihat monitor waktu dan aku akan mencoba sebuah serangan di setiap situasi. Lalu dalam beberapa tahun belakangan, aku mengubah strategi, menghabiskan lebih banyak waktu untuk mendapatkan setingan yang ideal, melakukan banyak putaran," ungkap Marquez di GPOne.

"Aku dulu biasanya lebih mengambil risiko, sekarang tidak lagi. Aku hanya mengambil risiko ketika aku siap melakukannya. Sudah jelas Anda melihat semua waktuku pada hari ini, tapi aku bisa bilang bahwa kami memang tidak mencoba untuk mendapatkan performa terbaik, melainkan memutuskan untuk mencoba banyak upgrade pada RC 213V. Aku melahap banyak putaran di suhu terpanas pada hari itu dan kecepatanku bagus. Aku senang dengan bagaimana tes ini berjalan."

(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed