detiksport
Follow detikSport
Selasa, 06 Feb 2018 19:31 WIB

Bagaimana Kinerja Motor Honda untuk MotoGP 2018?

Yanu Arifin - detikSport
Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Motor terbaru Honda yang bakal digunakan di pentas MotoGP 2018 sudah dijajal di tes pramusim Malaysia. Bagaimana kinerjanya sejauh ini?

Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Cal Crutchlow sudah menjajal motor Honda dengan spesifikasi terbaru pada di Sirkuit Sepang, Malaysia, pekan lalu. Crutchlow dan Pedrosa hanya kalah dari Jorge Lorenzo di akhir tes.


Dalam kesempatan itu, ketiganya menguji motor terbaru Honda dan memilih power unit yang akan digunakan di MotoGP 2018. Khusus untuk Marquez, sang juara bertahan tersebut menyoroti tenaga motornya yang terlalu agresif.

Pandangan berbeda diutarakan Crutchlow. Ia menilai motornya kini sudah sesuai dengan keinginan pebalap.

"Saya sangat senang dengan apa yang sudah dilakukan Honda selama musim dingin, sebab apa yang kami minta bisa kami dapatkan," kata Crutchlow seperti dikutip dari Autosport.

"Ini lebih baik di beberapa area dan kami perlu mengerjakan untuk yang lainnya, tapi kami sudah berkembang. Mesinnya lebih kuat dan tangguh dibandingkan musim lalu. Saya tidak peduli andai mesinnya terlalu agresif sebab kami punya perangkat elektonik yang mampu mengontrolnya, itu jika kami yang mau."

"Jika Marquez tidak mau pergi secepat itu ya dia bisa menurunkan torsinya, itu jika anda paham apa yang saya maksud. Tapi apa yang kami miliki sudah positif, sebab jika kami punya kelebihan power kami bisa selalu menurunkannya, alih-alih tidak punya tenaga dan tidak bisa menurunkannya," ucap pebalap LCR Honda itu.

Sementara Pedrosa lebih senada dengan Marquez. Ia mengingatkan Honda soal mesinnya yang terlalu agresif.

"Tujuan dari tes ini adalah mencoba mesin dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Dalam tes ini, saya melakukan lebih banyak putaran dengan mesin terbaru," ujar Pedrosa.

"Ini memiliki kekuatan yang sedikit lebih besar, tapi Anda harus sangat berhati-hati dengan seberapa banyak Anda bisa membuatnya berhasil."

"Kami harus pergi ke sirkuit lain untuk memahami motor mana yang akan kami pilih. Kami harus banyak menganalisa data, dan menemukan jawaban yang benar," tuturnya.

Tes pramusim MotoGP selanjutnya digelar di Sirkuit Buriram, Thailand pada 16-18 Februari mendatang.

(yna/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed