detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 22 Feb 2018 16:25 WIB

Line-up MotoGP 2018: Jumlah Rider Spanyol Dominan, Ungguli Italia

Kris Fathoni W - detikSport
Marc Marquez (Spanyol) dan Andrea Dovizioso (Italia) yang bersaing ketat di MotoGP 2017 lalu (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez (Spanyol) dan Andrea Dovizioso (Italia) yang bersaing ketat di MotoGP 2017 lalu (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - MotoGP 2018 sudah punya line-up resmi. Untuk kali pertama ada wakil Malaysia, sedangkan pebalap Spanyol mendominasi dengan mengungguli rider Italia.

Hafizh Syahrin menjadi rider pertama dari Malaysia yang tampil di MotoGP. Sosok 23 tahun itu akan berkiprah di bawah panji Monster Yamaha Tech 3.

Menurut MotoGP.com, hal itu turut membuat Malaysia untuk kali pertama punya wakil di ketiga kelas balap kejuaraan dunia balap motor grand prix (plus Zulfahmi Khairuddin di Moto2 dan Adam Norrodin di Moto3).

Dalam catatan yang sama, Malaysia kini menyejajari Australia, Belgia, Republik Ceko, Prancis, Jepang, dan Swiss yang sama-sama punya satu rider di kelas primer tahun 2018.

Selain negara-negara tersebut, line-up MotoGP juga menyertakan tiga rider berkebangsaan Britania Raya, lima rider dari Italia, dan sembilan pebalap Spanyol. Negeri Matador punya wakil paling banyak di kelas primer.

Di Moto2 2018, jumlah rider Italia gantian mengungguli Spanyol dengan sembilan berbanding tujuh. Prancis, Britania Raya, Afrika Selatan, dan Malaysia adalah tiga negara yang memiliki wakil lebih dari satu (masing-masing dua) di kelas ini.

Italia juga punya rider paling banyak di Moto3 2018 dengan sembilan pebalap. Spanyol ada di urutan kedua dengan enam rider, diikuti Jepang yang diwakili empat pebalap. Cuma ketiga negara itu yang punya lebih dari satu rider di kelas ini.

Berikut rider di ketiga kelas kejuaraan dunia balap motor grand prix musim ini, ditinjau dari kebangsaannya:

NEGARAMoto3Moto2MotoGP
ARGENTINA1
AUSTRALIA11
BELGIA11
BRASIL1
BRITANIA RAYA123
REPUBLIK CEKO11
BELANDA1
PRANCIS21
JERMAN11
ITALIA995
JEPANG411
KAZAKHSTAN1
MALAYSIA121
PORTUGAL1
AFRIKA SELATAN12
SPANYOL679
SWISS11
THAILAND1
AS1
TOTAL283224
(krs/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed