DetikSport
Jumat 23 Februari 2018, 06:48 WIB

Tech3 Akan Berpisah dengan Yamaha di Akhir Musim 2018

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Tech3 Akan Berpisah dengan Yamaha di Akhir Musim 2018 Pebalap Tech3 Johann Zarco. (Foto: AFP/Tiziana Fabi)
Jakarta - Tech3 tidak akan lagi menjadi tim satelit Yamaha. Tech3 mengumumkan akan mengakhiri kerjasama selama 18 tahun dengan pabrikan Jepang itu di akhir musim 2018.

Tim yang dipimpin Herve Poncharal itu telah mendapatkan partner baru untuk 2019. Namun, sampai kini masih dirahasiakan.

"Kami telah ditawari sebuah kesepakatan, yang termasuk sesuatu yang telah kami tunggu-tunggu selama hampir sejak kami memulai dengan Tech3 dan saya tidak bisa menolaknya," kata Poncharal dalam sebuah pernyataan, yang diwartakan FoxSports.

"Tapi sudah jelas, kami tetap adalah tim Monster Yamaha sampai putaran terakhir GP Valencia 2018."

Menurut kabar yang berembus, KTM dan Suzuki tertarik membuat dua motor untuk tim satelit pada tahun depan. Sedangkan Aprilia juga menjadi opsi lain.

Saat ini ada delapan motor Ducati, enam Honda, dan empat Yamaha yang berkompetisi di MotoGP. KTM, Suzuki, dan Aprilia masing-masing menurunkan dua motor.

Presiden Yamaha Kouichi Tsuji menyayangkan berakhirnya jalinan kerjasama yang telah berlangsung sangat lama dengan Tech3.

"Akhir dari sebuah kerjasama yang sukses selalu menyedihkan, karena ini turut menandai berakhirnya sebuah relasi jangka panjang. Kami sangat berterimakasih atas kesetiaan Herve dan dukungan untuk merek Yamaha dan atas hasil-hasil yang menakjubkan selama ini," ucap Tsuji.

"Kami akan terus memberikan dukungan penuh kami kepada tim Tech3 dan pebalap-pebalap mereka sepanjang musim 2018, sementara kami bersama-sama mengevaluasi opsi-opsi kami untuk sebuah tim alternatif di kelas MotoGP untuk 2019 dan seterusnya."

Tech3 akan menurunkan duet Johann Zarco dan rookie asal Malaysia Hafizh Syahrin asal Malaysia, yang menggantikan Jonas Folger untuk musim ini.
(rin/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed