detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 28 Feb 2018 20:05 WIB

Crutchlow: Sayap di MotoGP Cuma Buang-buang Duit

Muhammad Idris - detikSport
Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Sayap di motor MotoGP jadi pembahasan panas jelang bergulirnya musim baru. Tapi buat Cal Crutchlow, winglet cuma buang-buang duit saja.

"Kita harus akui kalau Honda sudah melakukan pekerjaannya dengan baik. Saya jadi yang tercepat (pada hari pertama), Dani dan Marquez tercepat (di hari kedua), kemudian Pedrosa (tercepat di hari ketiga)," kata Crutchlow saat sesi tes di Thailand sebagaimana dikutip Crash.

"Untuk motor tanpa sayap, saya pikir kami menghemat anggaran yang fantastis, serta masih bisa melaju cepat," katanya lagi.

Beberapa tim MotoGP muncul dengan paket aero baru di dua sesi latihan pramusim yang sudah digelar. Mereka mencoba mengakali larangan penggunaan winglet yang ditetapkan Dorna.

"Ini menunjukan bahwa kita tidak butuh sayap untuk melaju cepat. Kita gunakan (sayap) di Malaysia hanya untuk mencoba, tetapi saat semua dari kami jadi tercepat di sana itu tanpanya (sayap). Buang-buang duit," ucap Crutchlow sambil menyeringai.

Winglet bermanfaat untuk meningkatkan downforce motor dan berfungsi sebagai 'anti-wheelie' (kondisi dimana roda bagian depan terangkat akibat akselerasi dan kecepatan tinggi). (idr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed