DetikSport
Senin 09 April 2018, 11:53 WIB

MotoGP Argentina

Senggol Rossi Hingga Jatuh, Marquez Dinilai Arogan

Yanu Arifin - detikSport
Senggol Rossi Hingga Jatuh, Marquez Dinilai Arogan Momen ketika Marquez dan Rossi bersenggolan di MotoGP Argentina. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Termas de Rio Hondo - Marc Marquez dikecam sebagian pihak usai membuat Valentino Rossi terjatuh di MotoGP Argentina. Pebalap Repsol Honda itu dinilai arogan.

Marquez dan Rossi terlibat insiden saat berpacu di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, Senin (9/4/2018). Keduanya bersenggolan di lintasan.





Insiden itu terjadi pada lap ke-20, ketika Marquez berusaha merebut posisi enam dari Rossi. Saat memasuki tikungan ke-13, Marquez memotong jalur Rossi dari dalam sehingga motor keduanya bersenggolan.

Rossi dan Marquez pun sempat melebar karena insiden itu. Tapi kemudian hanya Rossi yang terjatuh usai ban depannya keluar trek, sementara Marquez bisa terus melaju.


"Ada satu tikungan yang basah, dan itu adalah tikungan [kedua dari belakang]. Semua orang [Marquez] mencoba melewatinya, dia melakukannya di sana," kata eks pebalap James Toseland di Autosport.

"Di tempat lain memang cukup aman untuk dilewati, tapi saya pikir dia (Marquez) punya banyak keuntungan akhir pekan ini, saya pikir dia menunjukkan kurangnya rasa hormat untuk orang lain," eks rider Yamaha itu menambahkan.

Sementara eks pebalap Ducati, Neil Hodgson, menilai Marquez memperlihatkan arogansinya di lintasan. Soalnya, The Baby Alien punya kecepatan yang bagus sehingga harusnya bisa bersabar.




"James benar, [Marquez] mendapat keuntungan di akhir pekan ini, hampir satu detik per lap, dan karena itu, ini hampir seperti arogansinya," Hogson menimpali.

"Apakah dia bisa mengendalikannya ketika situasi panas itu datang? Itulah yang kami saksikan akhir pekan ini, situasi ekstrem yang besar."

"Dia pergi untuk meminta maaf kepada Valentino, yang memang tepat untuk dilakukan, tetapi, seperti yang Anda pahami, ada begitu banyak adrenalin di tubuh semua orang dan itu bukan waktu yang tepat untuk melakukannya. Tidak di depan kamera, itu harus berada di belakang garasi," Hodgson menegaskan.

Marquez akhirnya dijatuhi penalti 30 detik karena insiden itu. Adapun ia juga sudah berusaha meminta maaf ke Rossi usai balapan, namun dicegah sebagian kru The Doctor. Tak lama, The Baby Alien menjelaskan dirinya tak bermaksud membuat Rossi terjatuh.


(yna/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed