Mengenal Alessio 'Uccio' Salucci, Sahabat Sekaligus Tangan Kanan Rossi

Okdwitya Karina Sari - Sport
Selasa, 10 Apr 2018 08:58 WIB
Alessio Salucci, sahabat sekaligus tangan kanan Valentino Rossi. (Foto: Guido De Bortoli/Getty Images)
Jakarta - Alessio Salucci, atau yang akrab disapa Uccio mendapat sorotan di tengah drama Valentino Rossi dengan Marc Marquez di balapan Argentina. Siapa sih Uccio?

Uccio menolak kedatangan Marc Marquez dan rombongan Honda di garasi Yamaha yang berniat meminta maaf kepada Rossi, pasca balapan kontroversial di Termas de Rio Hondo, Senin (9/4/201) dinihari WIB.

Memakai pakaian yang didominasi dengan warna hitam, plus topi Uccio terlihat marah terhadap Marquez. Ia mengangkat tangannya ke udara sembari mengucapkan kata-kata kepada juara dunia enam kali itu setelah menyenggol Rossi hingga terjatuh di putaran-putaran akhir.


Namun, siapa Uccio? Apa perannya di garasi Yamaha? Uccio adalah sahabat Rossi sedari masih bocah yang kini menjadi orang kepercayaannya. Berasal dari daerah yang sama, dari Urbino mereka bersahabat sejak berusia empat tahun.

"Sudah sangat lama (bersahabat), sulit diingat! Vale sudah ada sejak aku mulai mengingat, orang tua kami juga berteman dan otomatis kami tumbuh bersama. Kami sama-sama dari desa kecil dan dari sekolah anak yang sama... selama ini kami memang selalu dekat," ungkap Uccio saat diwawancarai MotoGP.com.

Bersama salah satu teman dekat lainnya, Alberto 'Albi' Tebaldi, keduanya sering terlihat mendampingi Rossi baik di dalam maupun di luar sirkuit. Dalam suatu kesempatan, Rossi pernah bercerita bahwa kedua sahabatnya itu membuatnya betah untuk menghabiskan waktu bersama, bukannya berpesta seperti yang dilakukan banyak atlet papan atas dunia.

"Itu karena saya sangat mencintai tempat tinggal saya. Saya beruntung punya sejumlah sahabat yang saya tumbuh dengan mereka. Saya bisa mempercayai mereka," ujar Rossi.


Pria yang lahir pada 19 April 1979 itu sendiri memiliki pekerjaan untuk membantu Rossi untuk mempersiapkan banyak hal untuk balapan mulai dari baju balap, sarung tangan, sepatu, helm, dan juga truk. Dia juga menjadi 'penasihat' di dalam naik-turun momen Rossi.

Saking dekatnya, Uccio juga dipercaya Rossi mengemban jabatan direktur di tim balap kelas Moto2 dan Moto3 yang dimiliki Rossi, Racing Team VR46. Dia juga menjadi motivator di akademi balap milik Rossi, VR46.
(rin/mfi)