DetikSport
Sabtu 21 April 2018, 11:47 WIB

Kenny Roberts: Insiden Marquez-Rossi di Argentina Sulit Dihindari

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Kenny Roberts: Insiden Marquez-Rossi di Argentina Sulit Dihindari Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Austin - Mantan juara dunia MotoGP Kenny Roberts tidak menyalahkan Marc Marquez terkait insiden di Argentina. Melihat trek dan kondisi, insiden itu tak dapat dihindari.

Marquez disorot tajam setelah melakukan serangkaian aksi ilegal di balapan seri kedua di Rio Hondo. Pebalap Honda Repsol tersebut dihukum tiga kali, namun insidennya dengan Valentino Rossi di penghujung balapan menyedot perhatian terbesar.

Akibat kontak dengan Marquez, Rossi sempat terjatuh meski tidak sampai gagal finis. Seusai balapan, Rossi mencak-mencak dan menuduh rivalnya itu telah merusak MotoGP. Pernyataan yang ditegaskan Rossi tidak disesalinya.


Marquez sendiri menegaskan tidak bermaksud mencelakai Rossi. Menurut dia, insiden tersebut terjadi juga disebabkan oleh genangan air yang ada di lintasan.

Roberts, juara dunia kelas 500cc tiga kali, menganggap kejadian itu sebagai insiden balapan dan tidak seharusnya dibesar-besarkan.

"Kejadian itu sesungguhnya adalah sebuah insiden balapan, di lintasan itu dan kondisi seperti itu, insiden itu cukup tidak dapat dihindarkan," kata Roberts di GPOne.


"Saya pikir hadiah yang diraih lebih besar daripada zaman dulu sehingga Anda harus menghadapinya. Selain itu, ban juga lebih baik, motor juga lebih baik, dan di Argentina di mana lintasannya sempit, memang kejadian-kejadian semacam itu bisa terjadi. Namun, saya pikir itu bukanlah sebuah masalah besar."

"Banyak hal sudah terjadi. Saya rasa, setelah apa yang sudah terjadi, semua orang akan sadar dan lebih berhati-hati," simpul pria Amerika Serikat yang kini berusia 66 tahun itu.



(rin/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed