detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 23 Apr 2018 08:53 WIB

Tak Mau Crash, Vinales pun Tak Mencoba Kejar Marquez

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Maverick Vinales mengaku memang tak mencoba mengejar Marc Marquez di MotoGP Austin (Foto: Getty Images) Maverick Vinales mengaku memang tak mencoba mengejar Marc Marquez di MotoGP Austin (Foto: Getty Images)
Austin - Maverick Vinales mengakui dirinya tak mencoba mengejar Marc Marquez dalam balapan MotoGP Austin. Pebalap Movistar Yamaha itu tak mau mengalami crash.

Vinales, yang start dari posisi terdepan, menyudahi lomba di Circuit of the Americas, Senin (23/4/2018) dinihari WIB, di posisi kedua. Dia finis di belakang Marquez yang tampil sebagai pemenang.


Marquez sendiri sangat dominan di Austin. Pebalap Repsol Honda itu memimpin balapan sejak putaran pertama setelah menyalip Andrea Iannone.

Vinales kemudian menyalip Iannone untuk merebut posisi kedua di lap ketujuh. Pada saat itu, Marquez sudah jauh memimpin di depan.

Pada prosesnya Marquez justru makin menjauhi rival-rivalnya dan tak mendapatkan perlawanan sama sekali. Sementara itu, Vinales juga aman di posisi kedua hingga finis.

"Memulai dari baris terdepan menjadikannya jauh lebih mudah, dan saya bisa bernapas lebih tenang. Saya bisa mengontrol tiga atau empat pebalap pertama dengan cukup baik. Secara keseluruhan saya gembira karena tim fokus ke akhir pekan dengan cara yang berbeda, dan itu sangat bagus," ujar Vinales di situs resmi Yamaha MotoGP.

"Saya pikir kami tahu bagaimana untuk melaju kencang dengan Yamaha ini dan hari ini kami membuktikannya. Motor kami terlihat lebih tangguh daripada di sini tahun lalu, saya merasa nyaman dalam balapan. Meskipun sulit untuk memberi perlawanan kepada Marc, dan dengan kesulitan-kesulitan yang kami alami, kami masih bisa finis kedua," imbuhnya.

"Saya tak ingin membuat kesalahan yang sama seperti yang saya buat dalam balapan tahun lalu, jadi saya menyerah untuk mencoba mengejar Marc dan lebih fokus mengontrol jarak dengan Andrea," kata rider asal Spanyol itu.


Dalam balapan di Austin tahun lalu, Vinales memang gagal finis. Dia crash ketika lomba baru memasuki lap kedua.

Vinales kini menempati posisi ketiga di klasemen pebalap dengan perolehan 41 poin. Dia ada di bawah Andrea Dovizioso (46) dan Marquez (45).

Seri MotoGP berikutnya akan dilangsungkan di Jerez, 6 Mei mendatang.

"Saya tak sabar untuk balapan di Jerez. Sekarang kami akan menjalani empat atau lima balapan di mana saya sangat menyukai treknya, saya benar-benar menikmati balapan di sana. Kami akan mengejar kemenangan, saya tahu kami tak tertinggal jauh, dan kami akan berusaha keras untuk itu," kata Vinales.

(mfi/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed