DetikSport
Kamis 26 April 2018, 16:07 WIB

Ambisi Rossi Raih Titel ke-10 Picu Konflik dengan Marquez?

Kris Fathoni W - detikSport
Ambisi Rossi Raih Titel ke-10 Picu Konflik dengan Marquez? Insiden Rossi vs Marquez di MotoGP Argentina 2018 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Madrid - Valentino Rossi butuh satu titel juara dunia lagi untuk menggenapkannya jadi 10. Hal itu disebut sebagai pemicu utama konflik sengitnya dengan Marc Marquez.

Pendapat tersebut dilontarkan oleh Jorge Lorenzo, salah satu rider papan atas MotoGP yang juga sudah beberapa kali terlibat persaingan di atas lintasan dengan kedua sosok tersebut.


Saat ini Rossi sudah mengoleksi sembilan titel juara dunia balap motor grand prix, dengan tujuh di antaranya di kelas primer. Kali terakhir ia menambah koleksinya adalah pada 2009 silam.

Semenjak itu ada saja rival yang membuat Rossi gagal menambah gelar juara dunia. Mulai dari Lorenzo (2010, 2012, 2015), Casey Stoner (2011), dan khususnya Marquez yang sudah menyabet empat titel (2013, 2014, 2016, 2017) sejak debut di kelas primer.

Beberapa kali Rossi terlibat konflik dengan Marquez, dengan salah satu episode besarnya terjadi di musim 2015. Itu juga merupakan salah satu peluang terdekat Rossi menambah gelar juara dunianya.


Konflik Rossi vs Marquez pun tersulut lagi musim ini, yang baru berjalan tiga seri balapan, akibat insiden senggolan di MotoGP Argentina awal bulan April. Ini kata Lorenzo, kompatriot Marquez di Spanyol, terkait dengan si Italiano.

"Di Spanyol, orang-orang memandang tinggi kepada olahragawan yang memperlihatkan kerendahan hati, yang memperlihatkan dirinya tidak pernah terlibat dalam konflik," kata Lorenzo seperti dikutip Marca.

"Itulah olahragawan 'ideal'. Marquez sudah berusaha melakukan banyak hal untuk menjaga citra olahragawan 'ideal' ini. Dengan Rossi, mereka dulu 'berkawan'."

"Segalanya berubah ketika Valentino mulai mencium (peluang) meraih titel ke-10, sampai ke titik konflik di lintasan menjadi hal yang tidak terelakkan," tuturnya.


(krs/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed