detiksport
Follow detikSport
Rabu, 02 Mei 2018 14:23 WIB

MotoGP 2018 Masuki Seri Keempat di Jerez

Kris Fathoni W - detikSport
MotoGP Spanyol di Jerez akan dilangsungkan pekan ini (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP Spanyol di Jerez akan dilangsungkan pekan ini (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Sudah tiga balapan terlewati di MotoGP 2018. Pada akhir pekan persaingan, musim ini memasuki seri balapan keempat yakni MotoGP Spanyol di Jerez.

Tiga seri MotoGP 2018 sejauh ini sudah mampu memunculkan tiga pemenang berbeda yakni Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow, dan Marc Marquez.

Dari balapan itu juga baru Marquez yang bisa pole sekaligus menang; Johann Zarco pole di Qatar dan Jack Miller start terdepan di Argentina.

Dengan predikat Marquez sebagai juara bertahan maka perhatian juga akan banyak tercurah kepada dirinya di Jerez, salah satu seri balapan di negaranya -- Spanyol.

Di Jerez, hasil yang dicapai Marquez terbilang oke karena rutin naik podium dalam lima kesempatan tampil di kelas primer. Tapi patut dicatat bahwa cuma sekali rider Repsol Honda itu menang (2014).

Secara terperinci, pencapaian Marquez di Jerez sejauh ini adalah sekali naik podium teratas, tiga kali finis sebagai runner-up, dan satu kali finis ketiga.


Pada dasarnya sirkuit Jerez juga seperti memberi tantangan tersendiri buat para rider. Semenjak Jorge Lorenzo menang dua musim beruntun pada 2010 dan 2011, belum pernah ada lagi yang bisa menang berturut-turut di kelas primer Jerez.

Dalam periode enam musim terakhir bahkan cuma ada Dani Pedrosa yang bisa menang lebih dari sekali di Jerez (2013, 2017). Sisanya ada Marquez, Casey Stoner, Lorenzo, dan Valentino Rossi.

Sebagai pemenang di Jerez musim lalu, Pedrosa jelas tidak bisa dikesampingkan akhir pekan ini. Apalagi di Austin lalu rekan setim Marquez tersebut tampil prima dengan finis ketujuh setelah sebelumnya naik meja operasi.

Sirkuit Jerez juga memberi tantangan khusus buat Andrea Dovizioso dalam usaha mempertahankan puncak klasemen. Rider Ducati itu belum pernah naik podium kelas primer di Jerez, dengan finis kelima jadi hasil terbaiknya sejauh ini.

Tantangan serupa dihadapi Maverick Vinales (Movistar Yamaha) setelah finis kedua di Austin, yang membuatnya duduk di posisi ketiga klasemen. Ia belum pernah finis lebih baik daripada posisi keenam di Jerez pada MotoGP.


Sementara rekan setimnya, Valentino Rossi, bakal berambisi meraih poin maksimal agar tidak semakin tertinggal dalam persaingan. Rider Italia yang tahun lalu finis ke-10 di Jerez itu kini duduk di posisi ketujuh, terpaut 17 poin dari puncak klasemen.

Persaingan memperebutkan poin di Jerez juga terindikasi bakal berjalan sangat sengit mengingat lima rider teratas memasuki akhir pekan ini dengan terpaut delapan poin saja: Dovi, Marquez, Vinales, Cal Crutchlow, dan Johann Zarco.

Klasemen sementara MotoGP 2018MotoGP 2018 Masuki Seri Keempat di Jerez
(krs/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed