detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 06 Mei 2018 15:39 WIB

Jelang MotoGP Spanyol

Rossi Sudah Utak-atik Setelan Motor, Tapi Tak Ada Hasilnya

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Valentino Rossi akan start dari posisi kesepuluh di MotoGP Spanyol (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi akan start dari posisi kesepuluh di MotoGP Spanyol (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jerez - Valentino Rossi masih kesulitan di Jerez. Pebalap Movistar Yamaha itu sudah banyak mengubah setelan motornya, tapi hasilnya tak menggembirakan.

Setelah menempati posisi keenam dan kesembilan dalam dua latihan bebas pada Jumat (4/5/2018), Rossi tak juga menunjukkan kemajuan signifikan pada hari berikutnya. The Doctor cuma menempati posisi ketujuh di latihan bebas ketiga, kemudian berada di posisi kesepuluh dalam kualifikasi.

Masalah Rossi masih sama, yaitu menurunnya daya cengkeram ban motornya ketika temperatur lintasan meningkat. Rossi sudah mencoba mengatasi hal ini dengan mengubah setelan motor dan mengganti jenis ban. Tapi, perubahan-perubahan itu tak memberi hasil yang dia inginkan.


"Hari ini (Sabtu) sulit. Kurang lebih rasanya masih sama seperti kemarin. Pada pagi hari, dengan temperatur yang lebih rendah, kami lebih tangguh dengan kecepatan yang lebih baik. Tak ada yang fantastis, tapi kami lebih dekat dengan para pebalap terdepan," tutur Rossi di Crash.net.

"Sayangnya di siang hari, ketika temperatur naik, saya sangat kesulitan dan segalanya jadi lebih sulit dan selisihnya jadi lebih besar. Ini adalah posisi yang sulit untuk start. Memang benar saya tak tertinggal terlalu jauh dari para pebalap di depan, tapi balapan akan berat karena saya tidak tangguh dengan kecepatan saat balapan, terutama di dalam cuaca panas," tambahnya.

"Kami sudah banyak berusaha hari ini dan mengubah banyak hal dan mencoba keseimbangan yang berbeda. Saya juga menjajal ban keras, tapi sayangnya tak ada yang memberi kami kecepatan yang pas untuk bertarung dengan para pebalap terdepan. Ini akan menjadi balapan yang berat, tapi kami harus berusaha maksimal dan meraih hasil sebaik-baiknya," kata Rossi.


Dalam kariernya di balap motor grand prix, Rossi telah sembilan kali memenangi MotoGP Spanyol, termasuk sekali di kelas 125cc dan sekali di kelas 250cc. Kemenangan terakhir dia dapatkan pada 2016.


======

Saksikan live streaming MotoGP Spanyol di detikSport, Minggu (6/5/2018) malam WIB pukul 19.00 WIB. Live streaming bisa disaksikan di sini.

(mfi/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed