detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 15 Mei 2018 12:45 WIB

Waktunya Seri Balapan MotoGP Prancis di Le Mans

Kris Fathoni W - detikSport
MotoGP Prancis tahun 2017 lalu (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP Prancis tahun 2017 lalu (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Pekan ini MotoGP 2018 bakal memasuki seri balapan kelima. Balapan dilangsungkan di Le Mans dalam agenda MotoGP Prancis.

Pada seri balapan sebelumnya di Jerez, Marc Marquez menjadi rider pertama musim ini yang meraih lebih dari satu kemenangan. MotoGP Spanyol ketika itu juga menyertakan drama yang bikin Jorge Lorenzo, Andrea Doviziozo, dan Dani Pedrosa jatuh dan tak finis.


Insiden di Jerez pada seri keempat tersebut turut membuat Johann Zarco dan Andrea Iannone berhasil merebut podium MotoGP Spanyol dengan berada di posisi kedua dan ketiga secara berurutan.

Berlanjut ke seri balapan di Le Mans, nama Zarco mutlak kembali muncul. Bukan apa-apa, ini merupakan balapan kandang rider Prancis itu. Di tempat itu pula Zarco berhasil naik podium untuk kali pertama di MotoGP.

Tahun lalu, dengan predikat rookie, Zarco mampu finis kedua di belakang Maverick Vinales di MotoGP Prancis 2017. Patut dicatat pula bahwa motor M1 Yamaha acapkali dikategorikan cocok dengan karakteristik sirkuit Le Mans.

Pekan ini Zarco akan menghadapi balapan kandangnya lagi, boleh jadi dengan kesiapan lebih baik karena lebih berpengalaman ketimbang saat balapan di Le Mans tahun lalu. Aksinya patut dinantikan di MotoGP Prancis pekan ini.


Sebagai pesaing, rider Monster Yamaha Tech 3 itu paling tidak mesti mewaspadai Vinales dan Valentino Rossi -- dua rider tim pabrikan Yamaha. Ini tidak lepas dari kaitan antara motor M1 dengan karakter sirkuit di MotoGP Prancis.

Marquez, yang memenangi dua seri balapan terakhir musim ini, juga tak dapat dikesampingkan walaupun catatannya di MotoGP Prancis tak bagus-bagus amat. Cuma dua kali rider Repsol Honda itu naik podium MotoGP Prancis, satu di antaranya (2014) berupa kemenangan.

Tentu saja masih banyak nama-nama lain yang patut diperhitungkan dalam balapan mendatang. Di antaranya ada Cal Crutchlow (LCR Honda) yang bakal bertekad bangkit usai crash di MotoGP Spanyol lalu walaupun bisa meraih pole. Atau misi kebangkitan dari dua rider Ducati, Dovizioso dan Lorenzo, secara khusus akibat apa yang terjadi kepada mereka di Jerez lalu.


Sudah siap untuk balapan MotoGP Prancis di Le Mans pada akhir pekan?

Klasemen sementara MotoGP 2018Waktunya Seri Balapan MotoGP Prancis di Le Mans

===

Saksikan live streaming MotoGP Prancis di detikSport, Minggu (20/5/2018) pukul 19.00 WIB (krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed