DetikSport
Senin 21 Mei 2018, 00:09 WIB

Ketidaksabaran Zarco Berbuah Kegagalan Naik Podium MotoGP Prancis

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Ketidaksabaran Zarco Berbuah Kegagalan Naik Podium MotoGP Prancis Zarco sempat menguntut Lorenzo untuk merebut posisi terdepan di MotoGP Prancis 2018. (Foto: Gonzalo Fuentes/REUTERS)
Le Mans - Johann Zarco percaya setidaknya bisa finis di podium di MotoGP Prancis. Tapi sebuah kesalahan membuatnya malah gagal menuntaskan balapan.

Zarco punya bekal bagus di MotoGP Prancis, Minggu (20/5/2018) malam WIB. Rider tuan rumah itu mengawali balapan dari posisi terdepan.

Laju rider Tech3 Yamaha itupun relatif bagus. Zarco kompetitif di depan dan sempat menekan Jorge Lorenzo yang memimpin balapan. Namun sebuah kesalahan menghukumnya.


Di putaran ke-8, Zarco terlalu ngotot dan kehilangan daya cengkeram ban depan lalu terjatuh. Rider 27 tahun itu mengakui kesalahan tersebut terjadi karena dirinya kurang sabar menunggu kesempatan menyalip.

"Saya rasa saya bisa punya laju untuk, saya tak tahu sih soal menang, tapi untuk podium dan posisi dua, itu memungkinkan. Normalnya, dengan motor menjadi lebih ringat dengan bahan bakar yang lebih sedikit setelah separuh balapan, saya bisa mendapatkan keuntungan," kata Zarco dilansir Autosport.

"Tapi problemnya di seluruh putaran awal ini adalah menyalip Lorenzo sudah amat sulit. Saya mencoba melakukannya, tapi kehilangan banyak kecepatan saat berakselerasi dan kemudian Anda harus mengejarnya lagi, lalu berpikir lagi soal bagaimana melewatinya. Rasanya ini semua menguras energi saya."
"Saya berusaha lebih dari 100 persen untuk melakukannya dan itulah yang mendorong saya ke kesalahan di tikungan tersbeut. Saya tak memperkirakan bakal jatuh. Saya mungkin seharusnya menunggu untuk bahan bakar berkurang lagi da merasa lebih nyaman."

"Dan mungkin menunggu Jorge untuk melaju lebih pelan untuk menyalipnya. Tapi cara saya menekan di saat itu memang tak memberikan saya kemungkinan untuk bersikap seperti ini. Kalau saya menunggu lebih lama, saya juga bisa kehilangan posisi lebih banyak," tambahnya.


(raw/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed