detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 03 Jun 2018 12:14 WIB

Sederet Fakta Usai Rossi Raih Pole Position MotoGP Italia

Yanu Arifin - detikSport
Valentino Rossi sukses meraih pole position MotoGP Italia. (Foto: REUTERS/Alessandro Bianchi)
Mugello - Valentino Rossi sukses meraih pole position di MotoGP Italia usai tampil apik di sesi kualifikasi. Berikut sederet fakta atas keberhasilan The Doctor tersebut.

Rossi tampil luar biasa dalam sesi kualifikasi MotoGP Italia di Autodromo Mugello Circuit, Sabtu (2/6/2018) malam WIB. Pebalap Movistar Yamaha itu mencatat waktu terbaik di depan publik sendiri.

Rossi menjadi yang tercepat setelah membukukan waktu 1 menit 46.208 detik di sesi kualifikasi. Catatannya lebih cepat ketimbang rider Ducati Jorge Lorenzo dan rekan setimnya, Maverick Vinales, yang mengikutinya di posisi dua dan tiga.


Bagi Rossi, pole position di MotoGP Italia ini tak hanya membuatnya berpeluang memenangi balapan. Ada sederet fakta yang ditorehkan pebalap berusia 39 tahun itu.

Dilansir situs resmi MotoGP, Rossi menyudahi penantiannya untuk bisa meraih pole sejak 2016. Terakhir kali Rossi mendapatkannya terjadi di MotoGP Jepang dua tahun lalu.

Pole di Mugello juga menjadi posisi start terdepan yang ke-65 kali sepanjang karier Rossi di berbagai kelas. Di kelas MotoGP sendiri, pole ini menjadi yang ke-55.

Rossi juga menjadi pebalap tertua yang bisa meraih pole di kelas premier dengan usia 39 tahun 106 hari, sejak Jack Findlay meraihnya di usia 39 tahun 121 hari pada tahun 1974.

Dan terakhir, Rossi punya persentase kemenangan yang lebih besar dengan meraih pole. Dari 64 posisi pole sebelumnya, Rossi meraih 41 kemenangan kali dengan total 55 kali berada di podium.



Saksikan juga video "Rossi Rebut Pole Position MotoGP Italia" berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]

(yna/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com