DetikSport
Minggu 17 Juni 2018, 20:20 WIB

Jorge Lorenzo Dominan di MotoGP Catalunya 2018 yang Membosankan

Lucas Aditya - detikSport
Jorge Lorenzo Dominan di MotoGP Catalunya 2018 yang Membosankan Foto: Jon Nazca/Reuters
Barcelona - Jorge Lorenzo menjadi pemenang di MotoGP Catalunya 2018. Rider Ducati itu menguasai balapan yang berjalan membosankan.

Dalam adu cepat di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Minggu (17/6/2018) malam WIB, Lorenzo menempati posisi start terdepan. Dia sempat disalip Marc Marquez, tapi sebelum lap pertama kelar sudah kembali menjadi pemimpin balapan.

Lorenzo tak terkejar dalam 24 putaran dengan catatan waktu 40 menit 13,566 detik. Dia lebih cepat 4,479 detik dari Marquez di posisi kedua.

Dengan kemenangan ini, Lorenzo mampu memenangi balapan dua kali secara beruntun di MotoGP 2018. Sebelumnya, dia menang di MotoGP Italia.

Lorenzo kini menyamai angka Andrea Dovizioso di klasemen pebalap. Kedua pebalap Ducati itu sama-sama mengumpukan 66 poin, berada di posisi ketujuh-kedelapan klasemen.




Sementara itu, Marquez masih ada di posisi pertama klasemen dengan raihan 115 poin. Valentino Rossi, yang finis ketiga, ada di posisi kedua klasemen dengan raihan 88 poin.

Maverick Vinales menambah 10 poin setelah finis keenam di Catalunya. Dia menemapti posisi ketiga dengan raihan 77 angka.



Jalannya Balapan

Marques langsung bisa merebut posisi terdepan. Lorenzo turun di peringkat ketiga, setelah juga disalip oleh Andrea Iannone.

Lorenzo berhasil kembali menjadi yang terdepan saat lap pertama selesai, Marquez dan Dovizioso berada tepat di belakang pebalap dengan nomor 99 itu. Sementara itu, Valentino Rossi ada di posisi keempat saat lap ketiga.

Lorenzo terus memimpin hingga balapan menyisakan 19 putaran, tapi jaraknya dengan Marquez tak sampai dengan satu detik.

Dovizioso mengalami crash di lap kedelapan. Pada tikungan kelima dia kehilangan grip pada ban hingga jatuh ke gravel. Saat itu, dia ada di posisi ketiga. Rossi pun naik ke posisi podium terakhir.

Kecelakaan terjadi antara Takaaki Nakagami dan Bradley Smith. Takagami kehilangan grip di tikungan kelima, hingga menyenggol Smith.

Kebakaran motor dialami Tito Rabat saat balapan tinggal menyisakan 6 lap. Bagian tengah motornya mengeluarkan api, hingga gagal finis.

Lorenzo sudah jauh memimpin saat balapan tinggal menyisakan enam lap. Dia ada di depan Marquez dengan jarak sekitar 1,6 detik.

Hafizh Syahrin juga gagal melanjutkan balapan di lap ke-20. Dia terjatuh karena tak bisa menguasai laju motor di tikungan keempat. Lorenzo tak terkejar hingga sisa balapan, dia menjadi pemenang.



(cas/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed