detiksport
Follow detikSport
Senin, 18 Jun 2018 09:13 WIB

Tak Mau Crash, Marquez Prioritaskan Poin di MotoGP Catalunya

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Marc Marquez finis kedua di MotoGP Catalunya (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez finis kedua di MotoGP Catalunya (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Barcelona - Marc Marquez tak terlalu ngotot mengejar kemenangan di MotoGP Catalunya. Marquez menyadari bahwa yang terpenting baginya adalah meraih poin dan tidak mengalami crash.

Marquez finis di posisi kedua dalam balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Minggu (17/6/2018). Pebalap Repsol Honda itu finis di belakang Jorge Lorenzo yang jadi pemenang.

Start dari posisi kedua, Marquez sempat merebut posisi terdepan dari Lorenzo. Namun, hal itu tak berlangsung lama karena Lorenzo gantian menyalipnya.

Marquez kemudian terus membuntuti Lorenzo hingga garis finis. Ia tak mau mengambil risiko dengan memaksakan diri mengejar kemenangan. Melihat banyaknya pebalap yang crash, ia pun lebih berhati-hati.



"Saya benar-benar berkonsentrasi pada start karena saya memilih dua ban keras dan kemudian, pada lap pertama, sulit untuk memanaskan ban," tutur Marquez di situs resmi MotoGP.

"Saya sangat lambat karena saya cuma berusaha untuk menemukan temperatur yang tepat, jadi saya menunggu Jorge untuk menyalip. Dia menyalip saya di titik pengereman pertama di tikungan 1, tapi kemudian ban motor saya siap untuk mengikutinya untuk lima atau enam lap," jelasnya.

Setelah mengalami crash dalam balapan MotoGP Italia dan tak mendapatkan poin, Marquez tak mau bernasib sial lagi. Apalagi, ia sudah mengalami crash dua kali di Catalunya di sepanjang akhir pekan lalu.

"Mungkin hari ini saya sedikit lebih banyak berpikir daripada dalam balapan-balapan lainnya dan mungkin saya lebih sedikit membalap. Tentu saja saya berusaha menekan beberapa lap, tapi kemudian saya berusaha menemukan batas saya dan tak melewatinya," ujar Marquez.

"Saya melihat banyak bendera kuning dan crash dalam balapan dan ini adalah sesuatu yang mengurangi kepercayaan diri saya. Tapi, kami meraih 20 poin hari ini. Saya pikir ini layak karena Jorge lebih tangguh, Valentino (Rossi) juga sangat tangguh tapi kami mampu menambah keunggulan di klasemen dan inilah hal yang paling penting," katanya.



Marquez masih memuncaki klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 115 poin. Ia unggul 27 poin atas Rossi yang berada di posisi kerdua.

"Kami mengalami dua crash selama akhir pekan dan satu penyelamatan penting (dari crash) -- jadi ini waktunya untuk cerdas dan berpikir. Tentu saja, ketika Anda finis di posisi kedua, itu seperti ada yang kurang, tapi ini adalah hasil bagus. Raihan 20 poin penting dan saya gembira karena kami bekerja luar biasa," kata Marquez.


(mfi/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed