detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 01 Jul 2018 20:15 WIB

Balapan Sengit, Marc Marquez Juara MotoGP Belanda

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Marc Marquez juara MotoGP Belanda (Foto: Yves Herman/Reuters) Marc Marquez juara MotoGP Belanda (Foto: Yves Herman/Reuters)
Assen - Marc Marquez memenangi balapan MotoGP Belanda 2018 yang berjalan seru. Marquez finis di depan Alex Rins dan Maverick Vinales.

Balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (1/7/2018) malam WIB, berlangsung seru sejak start. Marquez yang start terdepan mampu mempertahankan posisinya, tapi langsung ditempel oleh Jorge Lorenzo yang melesat dari posisi ke-10 ke peringkat kedua.

Sejak saat itu, beberapa pebalap bergantian memimpin. Lorenzo, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, dan Maverick Vinales sempat ada di posisi terdepan.

Marquez baru benar-benar nyaman di depan saat balapan tersisa empat lap. Di belakang Marquez, Rins dan Vinales bersaing ketat memperebutkan posisi kedua. Rins pada akhirnya menyalip Vinales di lap terakhir untuk merebut podium kedua.

Dengan kemenangan ini, Marquez makin mantap di puncak klasemen pebalap dengan 140 poin. Dia unggul 41 poin dari Rossi yang ada di posisi kedua.

Balapan MotoGP akan berlanjut ke Sachsenring, Jerman, pada 15 Juli.


Jalannya Balapan

Marc Marquez yang start terdepan mampu mempertahankan posisinya saat balapan dimulai. Di belakangnya, Jorge Lorenzo yang start ke-10 langsung melesat ke urutan kedua.

Lorenzo akhirnya mampu menyalip Marquez dan memimpin di akhir lap pertama. Tapi Marquez merespons dan kembali mengambil alih pimpinan lomba.

Lorenzo kembali menyalip Marquez di lap ketiga. Sejak saat itu, Lorenzo terus memimpin. Sementara itu di belakangnya, Marquez, Valentino Rossi, dan Andrea Dovizioso bersaing sengit.

Rossi perlahan melewati Marquez. Saat berada di belakang Lorenzo, Rossi sempat menabrak bagian belakan motor rider Ducati itu. Tapi kedua pebalap tak mengalami masalah berarti dan tetap mampu melanjutkan balapan.

Dovizioso kemudian juga menyalip Marquez. Sampai balapan berjalan tujuh lap, setidaknya ada delapan pebalap yang bersaing ketat di rombongan terdepan dengan selisih hanya satu detik.

Tonton juga 'Apa Jadinya Jika Marquez Mengendarai Mobil Formula 1?':

[Gambas:Video 20detik]


Di lap kedelapan, Marquez merebut kembali posisi kedua dari Dovizioso. Tak lama kemudian, Alex Rins melewati Rossi untuk menempati posisi keempat.

Di lap ke-12, saat mencoba melewati Marquez di turn 5, Rins menyenggol pebalap Repsol Honda itu. Marquez sempat goyah, tapi bisa tetap bertahan di motornya.

Dovizioso merebut posisi kedua dari Rins sebelum Marquez juga melewati pebalap Suzuki itu. Di lap ke-14, Dovizioso akhirnya menyalip Lorenzo di turn 1 untuk memimpin balapan.

Lorenzo semakin melorot setelah dilewati Marquez. Tapi Lorenzo mampu merebut kembali posisi kedua dari Marquez.

Balapan menyisakan sembilan lap, Dovizioso dan Lorenzo bersaing ketat di dua posisi terdepan. Sementara itu, Vinales melewati Rossi dan kemudian Marquez untuk menempati posisi ketiga.

Vinales gantian memimpin balapan. Dia kemudian sempat bersenggolan dengan Marquez dan melebar, sementara Dovizioso dan Rossi menyalip. Rossi memimpin di depan.

Tapi Vinales dan Marquez bangkit. Marquez bahkan kembali memimpin di depan, diikuti oleh Dovizioso dan Vinales. Sementara Rossi ada di posisi keempat.

Di lap ke-24, Marquez mulai menjauh di depan dengan keunggulan hingga 0,5 detik. Sementara itu, persaingan perebutan posisi kedua masih sengit.

Rins menyodok ke depan dan melewati Dovizioso untuk menempati posisi ketiga. Sementara itu, Vinales ada di posisi kedua. Di lap terakhir, Rins akhirnya melewati Vinales untuk finis kedua dengan selisih hanya 0,039 detik. Sementara itu, Marquez tak tergoyahkan di depan dan jadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis.

Balapan Sengit, Marc Marquez Juara MotoGP Belanda
(nds/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed