detiksport
Follow detikSport
Minggu, 15 Jul 2018 00:13 WIB

Strategi Sempurna Marquez Buahkan Pole di MotoGP Jerman

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Marc Marquez akan start dari posisi terdepan di MotoGP Jerman (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez akan start dari posisi terdepan di MotoGP Jerman (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Hohenstein-Ernstthal - Marc Marquez tak mengira dirinya akan meraih pole position di MotoGP Jerman. Menurut Marquez, pole position ini adalah buah dari strategi sempurna timnya.

Marquez mencatat waktu 1 menit 20,270 detik dalam sesi kualifikasi di Sirkuit Sachsenring, Sabtu (14/7/2018). Lewat putaran terakhirnya, pebalap Repsol Honda itu mengalahkan Danilo Petrucci dan Jorge Lorenzo dalam kualifikasi, dengan selisih cuma 0,025 detik dan 0,057 detik.

Hasil ini membuat Marquez selalu merebut pole position di Sachsenring dalam sembilan tahun berturut-turut. Meski memiliki catatan fantastis di sirkuit tersebut, pebalap Spanyol itu tak menyangka akan kembali merebut pole di sana.


Dalam tiga kali latihan bebas, Marquez tak sekali pun menjadi yang tercepat. Tapi, ia ternyata justru tampil sebagai yang terbaik di sesi kualifikasi.

"Sejujurnya, saya tak terlalu merasa akan bisa meraih pole hari ini. Tapi, kami melakukannya dan itu fantastis. Tim merencanakan strategi sempurna, yaitu mencoba memakai tiga ban, dan saya pikir itulah yang memberi saya pole position," ujar Marquez di situs resmi HRC.

Setelah memenangi MotoGP Belanda dua pekan lalu, Marquez makin mantap di puncak klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 140 poin. Ia unggul 41 poin atas Valentino Rossi yang berada di peringkat kedua.


Dengan start di posisi terdepan, Marquez berpeluang besar memenangi balapan MotoGP Jerman pada Minggu (15/7/2018) sekaligus meraih sembilan kemenangan beruntun di seri tersebut.

"Terkait besok, saya pikir kami akan punya dua balapan. Maksud saya, 15 lap pertama dan 15 lap kedua. Di bagian pertama semua orang akan cepat, tapi di bagian kedua kondisi ban sudah menurun dan momen itu akan jadi kunci," ujar Marquez.

"Kami sudah berusaha keras untuk mencoba mempertahankan kecepatan kami di atas ban lama, tapi itu sulit dan besok juga akan sulit," katanya.


(mfi/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed